Analisis Semiotika Logo Diecast Hot Wheels Trasure Hunt

Jusuf Fadilah

Abstract


Diecast Toys yang lebih dikenal dengan nama diecast yaitu mainan dengan bahan dasar besi dan gabungan plastik, berskala kecil memang banyak penggemarnya. Secara umum, bentuk diecast bermacam-macam mulai dari mobil, sepeda motor, pesawat terbang, sepeda, alat berat (kendaraan dan alat-alat seputar tambang) dan yang lainnya adalah beberapa varian bentuk yang saat ini tersedia. Salah satu merk diecast yang terkenal yaitu Hot Wheels, dimana adanya edisi yang special dan jarang ditemui yang sering disebut dengan Hot Wheels Treasure Hunt, pembedanya yaitu adanya tanda/logo-logo Treasure Hunt di blister dan body juga bahan baku yang lebih baik. Dalam penelitian ini akan menganalisis simbol logo Hot Wheels Treasure Hunt dengan metode semiotika Roland Barthes, penelitian ini menemukan tiga aspek makna yang terdapat dalam metode analisis semiotika Roland Barthes dimana dalam makna denotasi peneliti menemukan pada umumnya kolektor dapat mengetahui penampakkan Hot Wheels Treasure Hunt yang sangat berbeda dengan hotwheel biasa (regular) dilihat dari logo yang terdapat pada blister dan perbedaan warna yang mencolok. Sedangkan dari makna Konotasi peneliti menemukan kolektor merasa sangat beruntung dapat menemukan Hot Wheels Treasure Hunt jika hunting karena hot wheels Treasure Hunt series dibuat khusus dan special. Dan dari makna mitos peneliti menemukan kolektor akan merasa ketagihan pada saat hunting model-model tertentu yang termasuk dalam seri T-Hunt dan Treasure Hunt, dan menjadikannya sebagai investasi. Sebab pada umumnya bila ditransaksikan antar kolektor, maka mobil yg berusia 1 tahun harganya minimal 2X lipat dari harga aslinya, karena itulah sebagian kolektor menjadikannya sebagai investasi.

 

Kata kunci: Semiotika, Logo, Treasure Hunt


Keywords


Semiotika, Logo, Treasure Hunt.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anggoro, M. T. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kriyanto, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya.

Perdana, D. (2007). Company Profile Radio Citra Suhada. Skripsi, Fakultas Desain, Desain Komunikasi Visual. Bandung.

Rustan, S. (2017). Mendesain LOGO (3rd editio). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sobur, D. A. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (22nd editi). Bandung: CV Alfabeta.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (3rd Editio). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.6178


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License