POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN ANAK DIDIK PADA SEKOLAH DASAR MODEL INKLUSI

Imelda Dwi Yohanah, Andi Setyawan

Abstract


Abstraksi

Sebagai makhluk social yang membutuhkan orang lain, manusia akan selalu melakukan proses komunikasi yang bertujuan memenuhi kebutuhan fisik maupun jasmani. Dalam keluarga, komunikasi sangat dibutuhkan, karena keluarga adalah tempat pertama bagi seseorang untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya keluarga, Lingkungan Anak disekolahpun berperan penting untuk pembentukan karakter yang baik untuk anak.

Komunikasi dapat dikatakan berjalan efektif apabila terdapat kecocokan makna, apabila si pemberi pesan dapat menyampaikan isi pesan dan penerima pesan dapat menerima pesan tersebut dengan baik.

Untuk anak berkebutuhan khusus/inklusi (autis, asperger, adhd, dan sebagainya), komunikasi yang dilakukan sangatlah ekstra. Butuh penanganan, penekanan, pemahaman dan kesabaran ekstra dalam berkomunikasi dengen mereka. Jika sang anak sudah menemukan “klik”nya, maka kegiatan belajar mengajar dikelas akan efektif. Salah satunya adalah Percaya dan sikap saling terbuka.

Kata Kunci : Inklusi, Pola Komunikasi, Hubungan Interpersonal dalam Komunikasi Interpersonal.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v8i2.3133


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License