ADVERSITY QUOTIENT MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN YANG SEDANG MENGIKUTI KBK DENGAN METODE SCL

Nita Fitria

Sari


ABSTRAK

Adversity Quotient (AQ) merupakan suatu bentuk pengukuran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam merespons suatu tantangan atau kesulitan dalam kehidupannya untuk mencapai suatu keberhasilan. Salah satu tantangan dan kesulitan bagi mahasiswa keperawatan dalam menghadapi program  Kurikulum Berbasis  Kompetensi (KBK) dengan Metode Student Centered Learning (SCL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran  Adversity Quotient  Mahasiswa Fakultas Keperawatan Angkatan 2011 yang  sedang mengikuti Kurikulum Berbasis  Kompetensi dengan Metode Student Centered Learning (SCL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi  dengan jumlah sampel 142 orang mahasiswa keperawatan angkatan 2011. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari Adversity Response Profile Quick TakeTM. Hasil penelitian didapatkan Adversity Quotient mahasiswa Angkatan 2011 yang sedang mengikui KBK dengan metode SCL adalah sebagian besar responden yaitu 87 orang (61,27%) pada kelompok climber, sebagian kecil dari responden yaitu 50 orang ( 35,21 %)  pada kelompok transisi camper ke climber, sebagian kecil dari responden yaitu 5 orang ( 3,52 %) pada kelompok camper, tidak seorangpun responden yaitu 0 orang ( 0,00%) pada kelompok transisi quitter ke camper dan tidak seorangpun responden yaitu 0 orang ( 0,00%) pada kelompok quitter. Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan sebagian besar mahasiswa pada kelompok climber.

 

Kata Kunci: Adversity Quotient, KBK, SCL

 

ABSTRACT

Adversity Quotient (AQ) is a form of measurement used to determine a person's ability to respond to a challenge or difficulty in achieving a successful life. One of the challenges and difficulties for nursing students was the face of programs Competency-Based Curriculum (CBC) with the method of Student Centered Learning (SCL). The purpose of this study to determine the image Adversity Quotient Force 2011 Nursing Students who are following the competency based curriculum with the method of Student Centered Learning (SCL). The method used was descriptive method quantitative. Sampling technique used was the total population with a sample of 142 nursing students of 2011 class. Measuring device is used in this study is a modification of the Adversity Response Profile Quick TakeTM.The results obtained Adversity Quotient was a student from 2011 who attended a CBC with SCL method is the majority of respondents ie 87 people (61.27%) in the climber, a fraction of the respondents is 50 people (35.21%) in the transition to a camper climber, a fraction of the respondents ie 5 persons (3.52%) in the camper, none of the respondents ie 0 (0.00%) in the transition to a camper quitter and none of the respondents, namely 0 (0.00%) on the quitter.

 

Keywords: Adversity Quotient, the Competency Based Curriculum, Student Centered Learning


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Benoit, Rajshree.(2009). International Journal of Contemporary business Studies Vol : 3 No. 4 April, http://www.akpinsight.webs.com

Brown D.,Barlett H.,Leary J & Carson J (1995). The Claybury community psychiatric stress survey. Journal of advance

Cronin-Stubbs D. & Brophy E. (1985). Burnout :can social support save the psychiatric nurse. Journal of Psychosocial nursing and mental health service 23, 8 – 13.

Cushway D.,Tyler P & Nolan P (1996). Development of a stress Scale for Mental Health Profesional. British Journal of Clinical Psychology, 279-295.

Danantha,F. (2015). Hubungan antara Beban Kerja dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja Pada Karyawan PT. Pupuk Kaltim Divisi Jasa Pelayanan Pabrik.

Dawkins j.E.,Depp F & Selzer (1985) . Stress and the Psychiatric Nurse. Journal of Psychosocial nursing 23, 9 – 15.

Exley, K. and Dennick, R. (2004). Small group teaching: tutorials, seminars and beyond. Abingdon: RoutledgeFalmer. Available online at: http://books.google.co.uk/books?id=wLV9qFfR_b0C&printsec=frontcover&dq=Small+Group+Teaching:+Tutorial s,+Seminars+and+Beyond&hl=en&sa=X&ei=Bj_XT_aQIceY1AXwwfiOBA&ved=0CEMQ6AEwAA#v=onepage&q =Small%20Group%20Teaching%3A%20Tutorials%2C%20Seminars%20and%20Beyond&f=false

Konstantinos.,N.,Christina.,O.(2008). Factors Influencing Stress and job Satisfaction of Nurses Working in Psychiatric Units: A Research Review. Health Science Journal.Vol 2, Issue 4. www.hsj.gr.

Mills,D and Alexander,P.(2013). Small Group Teaching : A Toolkit for Learning. The Higher Education Academic.

Sadock ,Benjamin james dan Sadock, Virginia Alcott. (2010). Buku Ajar Psikiatri Klinis. Ed Ke- 2. EGC : Jakarta.

Stoltz, P G. (2000). Adversity Quotient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta:Grasindo.

Seery,Mark D.,Holman,E.Allison and Silver.,Roxane Cohen.(2010).Whatever does not kill us : cumulative lifetime adversity, vulnerability and resilience. Journal of Personality and Social Psychology,Vol 99 (6),Des 2010, PP.1025 – 1041.




DOI: https://doi.org/10.31311/.v4i2.856



Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.