FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI PERAWAT DALAM MELAKUKAN PAP SMEAR (Literature Review)

Putu Inge Ruth Suantika, Yanti Hermayanti, Titis Kurniawan

Sari


ABSTRAK
Kanker serviks merupakan penyebab kematian tertinggi pada wanita. Perawat (wanita) merupakan salah satu pihak yang berisiko mengalami kanker serviks. Disisi lain, upaya pencegahan melalui deteksi dini dengan pemeriksaan kanker serviks diketahui efektif menurunkan angka kejadian kanker serviks. Meski demikian, partisipasi masyarakat termasuk petugas kesehatan dalam melakukan pap smear masih rendah. Dengan demikian menjadi penting menelaah lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang berkontribusi terhadap partisipasi perawat dalam melakukan pap smear. Telaahan literature ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap partisipasi perawat dalam melakukan pap smear.
Telaah literature ini dilakukan terhadap hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal elektronik baik dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris serta diterbitkan dalam tahun 2009-2016. Penelaah melakukan pencarian literature dimaksud melalui mesin pencari ProQuest, PubMed, google scholar dengan menggunakan kata kunci factor related, nurse, pap test dan cervical cancer.
Dari literature tersebut ditemuukan 14 artikel yang memenuhi kriteria. Dari keseluruhan literature tersebut didapatkan bahwa faktor pengetahuan dan keyakinan merupakan faktor yang paling berhubungan dengan partisipasi perawat dalam melakukan pap smear. Pengetahuan yang rendah akan berhubungan dengan rendahnya perilaku pap smear pada peRawat. Demikian pula dengan faktor keyakinan dalam diri individu perawat. Adanya persepsi mengenai kerentanan dan hambatan menjadi faktor utama dalam membentuk keyakinan perawat untuk melakukan pap smear.
Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan keyakinan memiliki hubungan terhadap perilaku perawat dalam melakukan pap smear.
Keyword: faktor, kanker serviks, pap smear, perawat.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31311/.v6i1.3221



 
 

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI