PENGARUH PENKES STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANGTUA DI RUMAH BINTANG ISLAMIC PRE SCHOOL

Nunung Nurjanah

Sari


ABSTRACT - The stimulation of development is the important thing that all parents have to do to get optimalize of growth and development of their children. Largely, parents do not know about the stimulaton of development of child. This research aims to know the differences of parents’s knowledge and attitude before and after getting health education about developmental stimulation in children at Rumah Bintang Islamic Pre School. The study design used was a quasi experiment. The samples were parents of pre-school age children. Sampling technique used is total sampling with 32 parents.   Data collected through questionnaires . Analysis of the data using bivariate analysis paired two-sample t test to compare the knowledge and attitudes before and after health education. Before health education are most parents have sufficient knowledge and attitudes supportive , whereas after health education is known that all parents have a good knowledge and favorable attitude . Statistical test results obtained p value 0.000 , it can be concluded that there is a significant difference between knowledge and attitudes of parents before and after health education. Suggestions for nursing staff to develop child health education on growth and development in the early childhood education. While parents can better perform developmental stimulation while playing with great affection .

Keywords : quasi-experimental , developmental stimulation , health education.

 

ABSTRAK - Stimulasi perkembangan merupakan hal penting yang harus dilakukan orang tua untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Sebagian besar orang tua belum mengetahui upaya stimulasi perkembangan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap orang tua sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang stimulasi perkembangan pada anak di Rumah Bintang Islamic Pre School. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia pra sekolah. Teknik  sampel yang digunakan adalah  total sampling dengan jumlah 32 orang tua. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data menggunakan analisis bivariat uji T dua sampel berpasangan untuk membandingkan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Sebelum dilakukan pendidikan kesehatan adalah sebagian besar orang tua memiliki pengetahuan cukup dan sikap mendukung, sedangkan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan diketahui seluruh orang tua memiliki pengetahuan yang baik dan sikap yang mendukung. Hasil uji statistik didapatkan p value 0.000 maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap orang tua sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan. Saran untuk tenaga keperawatan anak dapat mengembangkan pendidikan kesehatan tentang pertumbuhan dan perkembangan di tempat pendidikan anak usia dini. Sedangkan orang tua dapat lebih melakukan stimulasi perkembangan sambil bermain dengan penuh kasih sayang.

Kata kunci : quasi eksperimen, stimulasi perkembangan, pendidikan kesehatan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, S. (2010). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Ball, J.W., & Bindler, R.C. (2003). Pediatric nursing: Caring for children (3rd ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi, dan intervensi dini tumbuh kembang anak di tingkat pelayanan kesehatan dasar. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Profil kesehatan Indonesia 2008. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Effendy, N. (2003). Dasar-dasar keperawatan kesehatan masyarakat. Jakarta: EGC

Hastono, S.P. (2007). Analisis data kesehatan. Depok: FKM UI.

Henningham, H.B., & Boo, F.L.(2010). Early childhood stimulations intervention in developing countries: A comprehensive literature review.

Journal of IZA, 52(10). Diakses, November 2013.

Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2009). Essential of pediatric nursing. St. Louis: Mosby Year Book.

Polit, D.F., & Hungler, B.P. (2005). Nursing research: Principles and methods. Philadelphia: Lippincott.

Potter, P.A., & Perry, A.G. (2006). Clinical nursing skills and techniques (3rd ed.). St. Louis: Mosby Company.

Notoatmodjo, S.(2007). Pengantar pendidikan dan perilaku kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sabri, L., & Hastono, S.P. (2008). Statistik kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Timby, B.K. (2009). Fundamental nursing skills and concepts. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.




DOI: https://doi.org/10.31311/.v3i2.178



Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.