Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada PT Asia Truk Pratama Jakarta

Isabel Ananda, Eva Zuraidah

Sari


PT Asia Truk Pratama merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang penjualan suku cadang atau spare part. Pada PT Asia Truk Pratama proses pencatatan dan pengelolahan data, jumlah, harga dan data transaksi penjualan masih dilakukan secara manual. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi penjualan barang pada PT Asia Truk Pratama. Adapun metode-metode yang digunakan untuk menyelesaikan tugas akhir ini adalah metode pendekatan menggunakan sistem berorientasi objek sementara metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall model. Sedangkan pemodelan sistemnya menggunakan metode Unifield Modeling Languange (UML) dengan menggunakan bahasa pemograman Java sedangkan Software/Tools yang digunakan adalan MySQL sebagai basis datanya. Sistem informasi penjualan barang ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah pemilik Perusahaan dalam mengelolah data penjualan ,laporan data serta pembuatan nota transaksi penjualan menjadi lebih mudah cepat dan efesien sehinggan dapat membantu meningkatkan keuntungan PT asia truk pratama dalam dalam menjalankan usahanya. Serta akan membantu mengambil keputusan yang akan membangun sistem informasi sehingga akan membantu membuat keputusan untuk meningkatkan pelayanan di PT Asia Truk Pratama.


Kata Kunci


Data Sparepart, UML, MySQL, Penjualan, Barang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=21FwDwAAQBAJ&pg=PA2&dq=dapat+diartikan+sebagai+proses+atau+cara+membuat+program+menggunakan+bahasa+pemograman+tertentu+sehingga+dapat+memproses+data+dan+menghasilkan+informasi+sesuai+yang+di+kehendaki&hl=id&sa=X&ved=0ah

Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4 (1st ed.). sleman: deepulish.

Dermawan, J., & Hartini, S. (2017). “Implementasi model waterfall pada pengembangan berbasis web pada sekolah dasar al-azhar syifa budi jatibening.” 19(2).ntasi model waterfall pada pengembangan berbasis web pada sekolah dasar al-azhar syif. 19(2).

Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem informasi monitoring pengembangan software pada tahap.

Hermawan, H. & ir. yuniar supardi. (2018). Books on Google Play Semua Bisa Menjadi Programmer CodeIgniter Basic. Elex Media Komputindo.

Hidayatulloh, T. (2015). Perancangan sistem penjadwalan pembelajaran menggunakan graph coloring. II(2), 416–424.

Hikmah, A. B. (2015). Cara Cepat Membangun Website dari Nol (1st ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=P7d4CwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Cara+Cepat+Membangun+Website+dari+Nol&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi4sP3ZrMLjAhXzmeYKHb6qBowQ6AEIKDAA#v=onepage&q=Cara Cepat Membangun Website dari Nol&f=false

Hutahean, J. (2015). konsep sistem informasi (1st ed.). sleman: DEEPUBLISH.

Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar (1st ed.). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Mahdiati, Thias ; Fridayanti, W. E. (2016). rancangan bangun sistem informasi permintaan atk berbasis intranet. IV(2), 126–138.

Marisa, F. (2017). Web Programming (Client Side and Server Side (1st ed.). sleman: DEEPUBLISH.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem (2nd ed.). Bandung: Abdi Sitematika.

Putratama, virdiandry, S. (2018). Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter (1st ed.). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Radillah, T. (2018). VB 6.0 Return (1st ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=rm9nDwAAQBAJ&pg=PA14&dq=pengertian+mysql&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjAwfOdssLjAhXq6nMBHX7iAtMQ6AEILzAB#v=onepage&q=pengertian mysql&f=false

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wahyuni, I. H. (2018). Kebijakan Media Baru Di Indonesia (2nd ed.). Yogyakarta: Gadjah mada university press.




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v6i2.6248

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat