PENGEMBANGAN LIBRARY SISTEM PEMERINGKAT OTOMATIS BERBASIS KATA SIFAT

Muhammad Elfa Rodhian Putra, Faisal Rahutomo, Yushintia Pramitarini

Sari


Saat ini khususnya di Indonesia banyak beredar ide, opini, kritik atau saran di internet dalam bentuk website atau blog pribadi. Hal-hal tersebut dapat dinilai menggunakan analisis semantic berdasarkan kata sifat sehingga menghasilkan sebuah rating dari objek yang dinilai. Penelitian tentang pemeringkatan dengan menggunakan kata sifat yang berasal dari tulisan / teks dari internet (Khususnya Bahasa Indonesia) sudah pernah dilakukan menggunakan metode Sistem Pemeringkat Otomatis Berbasis Kata Sifat. Namun, penelitian tersebut hanya dibuat spesifik untuk suatu permasalahan tertentu, ketika permasalahan yang akan diselesaikan berbeda, sistem harus dibuat ulang untuk menyesuaikan dengan permasalahan yang baru. Maka penelitian ini menyusun sebuah library agar dapat digunakan untuk berbagai macam objek tanpa harus menulis fungsi dari awal. Adapun hasil pengujian dari fungsi library yang menggunakan objek wisata sebagai data pengujian adalah memperoleh presentase error sebesar 15% dan PCC sebesar 0.990156941. Hasil dari pengujian kompabilitas adalah library dapat berjalan pada Python versi 3.x.x. Library yang dibuat telah diunggah di PyPI (Python Package Index) dengan Lisensi MIT sehingga dapat digunakan secara public oleh pengguna Python dan cara penggunaanya diterangkan di Github.


Kata Kunci


Library; Analisis Semantic; Sistem Pemeringkat Otomatis Berbasis Kata Sifat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2012). Pemeringkatan. [Internet]. Tersedia di: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/node/492

Mulyanto, A. R. dkk (2008). Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1. Jakarta. . Departemen Pendidikan Nasional

Mulyanto, A. R. dkk (2008). Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 2. Jakarta. . Departemen Pendidikan Nasional

Prasetya, D. A., Nurvianto, I. (2012). Deteksi Wajah Metode Viola Jones Pada Opencv Menggunakan Pemrograman Python

Ramadhani, D. M., Rahmad, C., Rahutomo, F. (2017). Tourism destination rating system based on social media analysis (proposal and dataset development in Indonesian language). International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET), 41–46

Rahutomo, F., Adi, Z. H. R., Saputra, P. Y. (2018). Implementasi Text Mining pada Laman Blog di Internet untuk Menilai Kinerja Suatu Organisasi. Jurnal Inovasi dan Teknologi Politeknik Negeri Bengkalis.

Rahutomo, F., Hidayati, I. P., Saputra, P. Y., Rozi, I. F., Nurhasan, U., Ramadhani, D. M. (2018). Automatic Rating System for National Delivery Services. International Conference on Applied Science and Technology (iCAST)

Technopedia. (2018). Modul atau Library. [Internet]. Tersedia di: https://www.techopedia.com/definition/3843/module




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v6i2.5883

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat