PENERAPAN SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA AUTIS DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Rizal Rachman

Sari


Sistem yang menggunakan pengetahuan manusia, dimana pengetahuan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah komputer, dan kemudian digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya membutuhkan kepakaran atau keahlian manusia. Dalam kasus ini, sistem pakar digunakan untuk Diagnosa Autisme Di SLB N Cileunyi, Autisme merupakan gangguan perkembangan mental pada anak yang menyebabkan seorang anak sulit untuk berinteraksi social. Secara umum, gejala autisme terdeteksi pada usia awal perkembangan anak sebelum mencapai tiga tahun. Gejala dan tingkat keparahan autisme juga cenderung bervariasi pada tiap penyandang. Diagnosa autisme biasanya dilakukan oleh seorang pakar/ahli dibidang tumbuh kembang anak, namun sebenarnya orang tua juga dapat melakukan diagnosa awal kemungkinan autisme pada anak dengan melakukan pengamatan perilaku anak dalam kesehariannya terutama dari cara berkomunikasi, berinteraksi sosial dengan anak sebayanya, dan kemampuan berimajinasi pada anak.  Didalam penerapan sistem pakar ini dibantu dengan menggunakan metode forward chaining. Metode Forward Chaining digunakan sebagai teknik penalaran dari Knowledge Respresentation Pakar, keluaran pada sistem berupa ada tidaknya kemungkinan autisme pada seorang anak berdasarkan gejala yang diberikan kepada sistem

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilia. (2014). Sistem Pakar Diagnosa Autisme pada Anak. Jurnal Rekursif, Vol. 2, No. 2.

Ariyani. (2012). Sistem Informasi Akademik. Salatiga: Universitas Kristen Satya.

Kusumadewi. (2008). Arifical Intelegence ( Teknik dan Aplikasinya ). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari. (2012). Definisi Sistem Pakar. Malang: Arsip Teknik Infromatika, UMMI.

Nidhra. (2015). Black Box and White Box Testing Techniques. International Journal of Embedded System And Applications ( IJESA ), Vol. 2, No. 2.

Peeters. (2008). Panduan Autisme Terlengkap. Jakarta: Dian Rakyat.

Qoriani. (2015). Diagnosa Gangguan Autisme pada Anak Berbasis Perangkat Bergerak. Jurnal LINK, Vol. 23, No. 2, September 2015.

Rosnelly. (2012). Sistem Pakar Konsep dan Teori. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widians. (2008). Sistem Pendiagnosa Gangguan Autis pada Anak. Tesis S2 Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Winiarti. (2012). Pemanfaatan Teorema Bayes dalam Penentuan Penyakit THT. JIFO, Hal. 287.




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v6i2.5522

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat