ANALISA PENGARUH MOBILE APPLICATION DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN WIRAUSAHA DI KOTA BEKASI

Muhamad Hasan, Ahmad Hafidzul Kahfi, Doni Purnama Alamsyah

Sari


Technopreneur dibutuhkan sebagai kunci keberhasilan negara dalam membangun perekonomian bangsa yang lebih baik. Dengan memanfaatkan teknologi menjadikan peluang adanya mobile application dalam menunjang keberhasilan masyarakat berwirausaha dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunanan mobile application. Untuk mengetahui penerimaan sistem yang digunakan pada mobile application, digunakan model TAM (Technology Acceptance Model) yang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu perceived ease of use dan perceived usefulness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mobile application terhadap kegiatan wirasuaha di kota Bekasi dengan menggunakan fitur Go-Food pada mobile application  Gojek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan memberikan sumbangan sebesar 38,6% terhadap pengaruh mobile application dalam menunjang wirausaha.


Kata Kunci


Technopreneur, Mobile Application, Go-Food, TAM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan, 0(1), 1–13.

Hardiani, K. B. I., & Anggadwita, G. (2016). Analisis Identifikasi Rancangan Mobile Application Untuk Menunjang Keberhasilan Berwirausaha Masyarakat, 3(2), 990–994.

Irsan, M. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android Untuk Mendukung Kinerja Di Instansi Pemerintahan.

Irwansyah, E., & Moniaga, J. V. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Kharismaya, C., Dewi, L. S., Arisawati, E., & Handayanna, F. (2017). Analisa Kemanfaatan Dan Kemudahan Terhadap Penerimaan Sistem OPAC Menggunakan Metode TAM, (1), 37–47.

Nurfaizal, Y. (2014). Perilaku Technopreneur Mahasiswa Teknik Informatika : Tinjauan Pada Self-Sufficiency, 14(2), 13–25.

Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK, 6(4).

Sumarlinda, S. (2015). Evaluasi Implementasi Sistem Kartu Rencana Studi Berbasis Web Dengan Technology Acceptance Model (Studi Kasus STMIK Duta Bangsa Surakarta). (1), 83–91.




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.4989

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat