PENERAPAN METODE AHP UNTUK MENENTUKAN KUALITAS PAKAIAN JADI DI INDUSTRI GARMENT

Rizal Rachman

Sari


Dalam era globalisasi, persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik dipasar nasional maupun di pasar internasional. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing juga menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan dengan cara yang lebih memuaskan dari pada yang dilakukan para pesaing. Kualitas merupakan faktor terpenting untuk menghasilkan standart mutu dalam mengambil keputusan. Selama ini di perusahaan hanya mengandalkan perhitungan manual untuk sistem penunjang keputusan. Biasanya penilaian terhadap kualitas suatu jenis pakaian biasanya bergantung pada jenis bahannya. Padahal bukan hanya bahan pakaian saja yang bisa menjadi acuan kualitas. Berbagai hal detail lainnya juga patut menjadi perhatian, misalnya bagian jahitan. Maka dari itu peneliti akan membuat perhitungan dengan menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchi Process) dengan mendefinisikan masalah, pembuatan struktur hierarki serta menentukan kriteria-kriteria dan alternatif-alternatif pilihan. Selanjutnya menghitung nilai Eigen Vector dan menguji konsistensinya. Hasil penelitian menunjukkan sistem penunjang keputusan yang digunakan untuk menentukan kualitas pakaian jadi sudah dapat melakukan perhitungan dengan metode AHP lebih cepat dibandingkan perhitungan secara manual sehingga bisa lebih efesien dan tingkat keakuratan data

Kata Kunci


SPK, Metode AHP, Kualitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abadi, F. (2016). Penentuan Penerima Bantuan Dana untuk Sekolah Menengah Di Kab . Banjar Menggunakan Metode AHP-TOPSIS Dengan Pendekatan Fuzzy Friska Abadi Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Unlam. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 8(1), 44–50.

Darmanto, E., Latifah, N., & Susanti, N. (2014). Penerapan Metode Ahp ( Analythic Hierarchy Process ) Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu. Penerapan Metode Ahp(Analythic Hierarchy Process)Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu, 5(ISSN: 2252-4983), 75–82. https://doi.org/10.1111/j.1744-7348.1952.tb00899.x

Lemantara, J., Setiawan, N. A., & Aji, M. N. (2013). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan Promethee. Jnteti, 2(4), 20–28.

Montgomery, D. (2009). Introduction to Statistical Quality Control. Mc Graw Hill.

O’Brien. (2008). Introduction to Information System(Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial (12th ed.). Jakarta: PT. Salemba Empat (Emban Patria).

Prayoga, Y. A., Nursanti, E., & Priyasmanu, T. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Botol Galon Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ), 2(2), 29–35.

Saaty. (2010). The Analityc Hierarchy Process. McGraw Hill International.

Sunarsa, S., & Handayani, R. I. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Karyawan Pada PT. Indotekno Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 2(1), 5–10.

Supriyanto. (2008). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek.




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.4389

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat