Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi

Mardhiya Hayaty, Dwi Meylasari

Abstract


Abstrak

Kemajuan teknologi informasi berkembang secara pesat di berbagai bidang kehidupan. Internet adalah salah satu bagian dari teknologi informasi dan komunikasi  mempunyai efek dan pengaruh yang sangat besar. Website salah satu teknologi internet tidak hanya sebagai media informasi tetapi menjadi proses pendukung bisnis perusahaan, akan tetapi penjualan melalui website belum cukup efektif jika tidak didukung dengan strategi promosi yang baik. SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu teknik promosi dengan cara memanfaatkan pengoptimalan mesin pencari agar website yang sudah kita buat berada diperingkat teratas atau halaman pertama (first page) sebuah halaman mesin pencari. Peneltian ini dilakukan pada sebuah website yang awalnya belum dilakukan teknik-teknik dari SEO, kemudian dengan menerapkan metode SEO on Page seperti optimasi keyword pada title tag, content, meta keyword,meta description, dan  share ke sosial media, pada tahap ini juga dilakukan beberapa pengujian sebagai tolak ukur keberhasilan penerapan teknik-teknik SEO. Hasil dari penerapan teknik-teknik SEO mampu meningkatkan SERP (Search Engine Results Page) website di mesin pencari dan berhasil terindek oleh google berada di page kedua pada bulan kedua dan berhasil terindex di page  pertama dalam pencarian google denga waktu kurang dari 3 bulan.

 

Kata kunci : Website, SEO, Seo on Page, SERP

 

Abstract

The advancement of information technology is growing rapidly in various fields of life. The internet is one part of information and communication technology has a very large effect and influence. The website not only serves as a medium of information but supports the company's business, but sales through the website are not effective enough if it is not supported by a good promotional strategy. SEO (Search Engine Optimization) is a promotional technique by utilizing search engine optimization so that the website we have created is at the top or first page (first page) of a search engine page.This research was conducted on a website that has not been done techniques from SEO, then by applying the SEO on Page method such as keyword optimization on title tags, content, meta keywords, meta description, and sharing to social media, at this stage several tests are also carried out. as a benchmark for the successful application of SEO techniques.The results of the application of SEO techniques are able to increase the SERP (Search Engine Results Page) of websites in search engines and successfully indexed by Google on the second page in the second month and successfully indexed on the first page in google search with less than 3 months.

 

Keywords: Website, SEO, Seo on Page, SERP


Keywords


SEO, search engine optimization, seo on page

References


Abshor, M. U., Hasiholan, L. B., & Malik, D. (2018). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk torabika duo.

Halilintar, R. B., & Ariyus, D. (2018). Implementasi Seo ( Search Engine Optimization ) Pada Website Agc ( Auto Generated Content ) Untuk Meningkatkan Serp ( Search Engine Result Page ) Studi Kasus : Website Gallery (pp. 13–18).

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan. Journal of Informatic Pelita NUsantara, 3(1), 82–86.

Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 1, 175–183. Retrieved from http://seminar.bsi.ac.id/simnasiptek/index.php/simnasiptek-2017/article/view/138

Himawan, Arisantoso, & Saefullah, A. (2017). Search Engine Optimization (SEO) Menggunakan Metode White Hat SEO Untuk Meningkatkan Peringkat dan Trafik Kunjungan Website. In Seminar Nasional Teknologi dan Informatika 2017 (pp. 783–790).

ID hadiana, A. (2018). Model Search Engine Optimization bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Bandung Barat. JUMANJI, 2(1), 31–38.

Riyanto, A. (2018). Analisis Dan Penerapan Search Engine Optimization Pada Website Menggunakan Metode White Hat Seo. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI, 1.

Riyanto, A. D., & Purwadi. (2016). Penerapan Teknik Search Engine Optimization ( SEO ) untuk Memenangkan Persaingan Kata Kunci pada Mesin Pencari Google ( Implementation Techniques Search Engine Optimization ( SEO ) for Winning Competition Keywords on Google Search Engines ( Case Study : C. JUITA Jurnal Informatika, IV(November), 59–65. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JUITA/article/view/1334/1174

Septa, R., Hamzah, A., & Andayati, D. (2014). Analisis dan Implementasi Penggabungan Dua Teknik SEO untuk Meningkatkan SERP Website pada Algoritma Google Terbaru. Jurnal SCRIPT, 2(1), 26–33.

Sujatmiko, S., & Ariyus, D. (2018). Analisis Google Image Index Perbandingan SEO Expired Domain dan Fresh Domain Studi Kasus Toko Online (pp. 25–30).

Tendean, N. I., Rumokoy, F. S., & Program, M. (2018). The Effectiveness of Internet Marketing Strategy of Emerging Business in Increasing Brand Awareness ( Case Study of Bon-Bon Pisang Nugget Manado). Jurnal EMBA, 6(2), 938–947




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v5i2.4027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License