Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, Vol 2, No 2 (2018)

PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BPRKS CABANG DAGO BANDUNG

Windry Setyaning Warsito

Abstract


Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BPRKS Cabang Dago Bandung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan, loyalitas nasabah, dan untuk mengetahui pengaruhnya atas Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BPRKS Cabang Dago Bandung.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, yaitu dengan melakukan observasi serta menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah lembar angket teknik sensus. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Penelitian ini membuktikan bahwa Kepuasan Nasabah pada PT. BPRKS Cabang Dago Bandung berdasarkan analisis deskriptif, menunjukan tingkat pencapain sebesar 126.3. Hal ini menunjukan kondisi Kepuasan yang baik. Loyalitas Nasabah pada PT. BPRKS Cabang Dago  Bandung, berdasarkan analisi deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 30 Orang menunjukan tingkat pencapaian sebesar 123.2. Hal ini menunjukan kondisi Loyalitas Nasabah yang baik, dengan koefisien korelasi Rank Spearman yang di dapat sebesar (+) 0.503. Artinya semakin Tinggi Kepuasan  Nasabah maka akan semakin Tinggi Loyalitas Nasabah.