Kesalahan Ejaan dan Kesalahan Kalimat dalam Surat Izin Siswa

Syamsul Ghufron, Lia Fitri Sri Adiyati, Markub Markub

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan dan kesalahan kalimat dalam surat izin siswa MTs Al-Muslimun Kawistolegi. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kesalahan ejaan dan kesalahan kalimat dalam surat izin siswa MTs Al-Muslimun Kawistolegi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, teknik simak, dan teknik catat dengan instrumen penelitian berupa soal tes perintah menulis surat izin kepada siswa dan lembar korpus data. Metode simak adalah cara yang digunakan untuk memperoleh data dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Dalam surat izin siswa MTs Al-Muslimun Kawistolegi terdapat kesalahan ejaan berupa kesalahan penulisan kata dasar, kesalahan pemakaian huruf kapital, kesalahan penulisan kata depan, kesalahan penulisan singkatan, dan kesalahan pemakaian tanda baca titik dan koma. Kesalahan kalimat yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kalimat tidak gramatikal karena tidak adanya subjek dan predikat dan kalimat tidak hemat karena adanya kata yang tidak jelas fungsinya serta adanya dua kata yang sama maknanya sama.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, S. P. (2018). Analisis Kesalahan Kalimat dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso.

Apriliana, A. C., & Martini, A. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 227. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6267

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta Jakarta,, Indonesia.

Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1), 130–141.

Ayudia, A., Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA, 5(2), 1–16.

Fajarya, N. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Swasta Taman Siswa Binjai Tahun Pembelajaran 2016/2017. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 70–79. https://media.neliti.com/media/publications/54031-ID-analisis-kesalahan-penggunaan-ejaan-dala.pdf

Ghufron, S. (2015). Kesalahan Berbahasa: Teori dan Aplikasi. Penerbit Ombak.

Ghufron, S. (2017). Kealahan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lamongan. Bastra, 4(1), 31–50.

Ghufron, S., Kasiyun, S., & Hidayat, M. T. (2020). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa. Belajar Bahasa, 5(1), 51–62.

Gunawan, H. I. (2017). Analisis Kesalahan Ejaan pada Makalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 2(2), 1–7.

Hamlan, K., & Karim, A. (2018). Analisis Kesalahan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(3), 1–12. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10053

Keraf, G. (2004). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Nusa Indah.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Raja Grafindo.

Nisa, K., & Suyitno, I. (2017). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Teks Terjemahan Mahasiswa. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 1–13.

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat Dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 102. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2911

Prasetya, A. D. A. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan dan Pilihan Kata pada Surat Dinas di STKIP Al Hikmah Surabaya. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 120–127.

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–21.

Sainik, P. C., & Zamzani, Z. (2015). Analisis kesalahan kalimat pada karangan berbahasa indonesia mahasiswa di Jawaharlal Nehru University New Delhi, India. LingTera, 2(1), 51–60.

Septria, F., Agustina, A., & Manaf, N. A. (2018). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X SMAN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 109–116.

Sugiyono. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa.

Utami, P. S. N. (2018). Analisis kesalahan keefektifan kalimat pada teks biografi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 158 Jakarta. Jurnal AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 190–201.

Wijayanti, A. Y. W. (2016). Analisis Penggunaan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa PGSD Universitas Islamic Centre Sudirman GUPPI Undasari. 10(2), 184–198.

Yahya, M., Saddhono, K., & others. (2018). Studi kesalahan penulisan kalimat dalam karangan pelajar bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–20.




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8796

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License