Kedaulatan Negara dan Subjek Homo Sacer dalam Film The Pianist Berdasarkan Perspektif Giorgio Agamben

Lastry Monika

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis film The Pianist yang disutradarai oleh Roman Polanski pada tahun 2002. Analisis tersebut dilakukan berdasarkan sudut pandang filsafat politik yang dikemukakan oleh Giorgio Agamben. Analisis dalam penelitian ini ialah mengenai kondisi sosial ketika terjadinya invasi Polandia oleh Jerman Nazi yang totaliter pada tahun 1939 yang tervisualisasi dalam film The Pianist. Kondisi sosial yang dimaksud di antaranya berupa HAM masyarakat sipil yang menjadi suatu problematik bagi Polandia jika dilindungi atau tidak dilindungi dan kelompok-kelompok yang di-homo sacer-kan ketika terjadinya invasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Polandia berada di luar hukum atau menangguhkan hukum untuk melindungi dirinya dari invasi Jerman Nazi. Oleh sebab itu, Polandia tidak memenuhi kewenangannya untuk memberi keamanan, keadilan, dan pelayanan sosial, terutama terhadap kelompok yang di-homo sacer-kan. Kelompok-kelompok yang di-homo sacer-kan dalam hal ini ialah Yahudi Polandia. Kelompok Yahudi Polandia mengalami penangguhan dan diskriminasi terhadap hak kewarganegaraan mereka. Penangguhan dan diskriminasi tersebut merupakan dampak dari kewenangan Polandia yang berada di luar hukum untuk melindungi kedaulatan negara atas invasi Jerman Nazi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agamben, G. (1998). Homo Sacer. Sovereign Power and Bare Life. Stanford University Press.

Agamben, G. (2000). Means without end: Notes on politics (Vol. 20). U of Minnesota Press.

Agamben, G. (2009). A Critical Introduction. Stanford University Press.

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. In Pustaka Pelajar.

Indrajaya, F. (2011). “Homo Sacer Sebagai Figur Politis Dan Kaitannya Dengan Dunia Pendidikan Tinggi.” Humaniora, 2, 335–341. https://media.neliti.com/media/publications/167310-ID-homo-sacer-sebagai-figur-politis-dan-kai.pdf

Jabrohim. (2012). Teori Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.

Marhaeni, I. A., & Salam, A. (2020). “Pelaku Kekerasan Seksual Dalam Lindungan Negara: Film ‘Spotlight’ (2015) Arahan Tom McCarthy Berdasarkan Filsafat Politik Giorgio Agamben.” Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 14, 59–77. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis/article/view/2455/1843

Nancy, J.-L., Holmes Review, B., Armour, L., & Johnston, S. (1995). The Birth of Presence. Source: The Review of Metaphysics.

Nikolopoulou, K., Agamben, G., & Heller-Roazen, D. (2000). Homo Sacer: Sovereign Power and Bare Life. SubStance. https://doi.org/10.2307/3685567

Polanski, R., Benmussa, R., & Sarde, A. (2002). The Pianist. Focus Features.

Salam, A. (2018). Sosiologi Sastra Post-Marxisme. DuaEnam.

Stuart, J. (2002). “Polanski bounces back at Cannes.” The Guardian.

Sudibyo, A. (2019). Demokrasi dan Kedaruratan: Memahami Filsafat Politik Giorgio Agamben. Marjin Kiri.

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Pianist_(2002_film). Diakses pada 20 Juli 2020.




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8786

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License