Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris

Jimmi Jimmi

Sari


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis narasi bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode survei. Dari penelitian menunjukan pengaruh penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis narasi bahasa Inggris dengan analisa regresi : Y = 38,422 +  0,619.  Dari persamaan tersebut menunjukan setiap kenaikan satu unit penguasaan tata bahasa akan meningkatkan ketermpilan menulis narasi bahasa Inggris sebesar 0,619 unit secara ceteris paribus. Dari data yang diperoleh bahwa penguasaan tata bahasa secara signifikan = 0,000 < 0,05 (thitung = 7,848 > ttabel = 1,684) artinya terdapat pengaruh terhadap keterampilan menulis narasi bahasa Inggris

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Bal, Mieke. (2007). Narrative Theory:

Critical Concepts in Literary and Cultural Studies. London: Routledge.

Brophy, Jere. (2010). Motivating Students to

Learn: Third Edition. New York:

Routledge.

Dimiyanti dan Mudjiono. (1999). Belajar dan

Pembelajaran.

Feez, S dan Joyce H. (2002). Text Based

Syllabus Design.

Gebhrad, Jerry G.( 2009). Teaching English as

a Foreign or Sceond Language. Michigan: The University of Michigan.

Hyland, Ken. (2002). Teaching and

Researching Writing. London: Longman.

I.A, Suparman. (2012). Aplikasi Komputer

Dalam Penyusunan Karya Ilmiah

(SPSS, Minitab, dan Lisrel). Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Knapp, Peter dan Megan Watkins. (2005).

Genre, Text, Grammar: Technologies

for Teaching and Assessing Writing. Sydney: University of new South Wales Press Ltd.

Kern, Richard. (2000). Literacy and Language

Teaching. New York: Oxford.

Long, Martyn. (2000). The Psychology of

Education. New York: Routledge Falmer.

McCrimmon, James M. (2006). Writing With

Purpose.

Muhibbinsyah. (2003). Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Pradiyono. (2007). Pasti Bisa! Teaching Genre-

Based Writing. Yogyakarta: Andi Offset.

Tan, Oon Seng, et all. (2011). Educational

Psychology: Second Edition. Cengage Learning Singapore.

Sudjana. 1989. Metode Statistika: Edisi Ke-5.

Bandung: Tarsito.

Webster, Leonard dan Patricie Mertova. (2007).

Using Narrative Inquiry as a Research

Method.




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v7i2.1738

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License