Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri di Kota Bekasi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi bahasa Inggris siswa SMP Negeri di kota Bekasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13, 14 dan 22 kota Bekasi yang berjumlah 1188 siswa. Dari jumlah tersebut diambil sampel sebanyak 120 siswa dengan menggunakan random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Data diperoleh dari hasil tes pilihan ganda sejumlah 30 soal terkait dengan penguasaan kosakata dan tata bahasa serta tes membuat karangan deskripsi. Variabel penelitian yang digunakan adalah penguasaan kosakata (X1), penguasaan tata bahasa (X2) dan kemampuan menulis karangan deskripsi (Y). Dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan makna kosakata dan penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan Fo = 28,343. Secara bersama-sama variable penguasaan makna kosakata dan penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 32,6% terhadap variable kemampuan menulis karangan deskripsi.
Full Text:
PDFReferences
Alhusin, Syahri. 2003. Aplikasi Statistik
Praktis dengan SPSS.10 for
Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi
penelitian. Yogyakarta: Bina
Aksara
Brown, Douglas. 2001. Teaching by
Principles. San Francisco: San
Francisco State University
Bruce, C. 2008. The seven faces of
information literacy. Adelaide:
Auslib Pres
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 /
tentang Standar Isi untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: Depdiknas
Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa
Indonesia. Jakarta: Insan Mulia
Hadi, Sutrisno.1991. Statistik 2.
Yogyakarta: ANDI OFFSET
Hardjodiputro, Siswojo. 1988. Statistika
Nonparametrik: Aplikasi dan
Interpretasi Pendekatan
Microcomputer. Jakarta: P2LPTK
Hartono. 2011. Metodologi Penelitian.
Pekenbaru: Zanafa
Martin, J.R. 1992. English text: system and
structure. Philadelphia and
Amsterdam: John Benjamins
Nunan, David. 1991. Language Teaching
Methodology. New York: Prentice
Hall
Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di
Perguruan Tinggi. Jakarta:
Grasindo
Sudjana. 2005. Metoda Statistika.
Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tarigan, H. G. 1989. Metodologi
Pengajaran Bahasa (Suatu
Penelitian Kepustakaan). Jakarta:
Depdikbud
Widyamartaya, A. 1992. Seni Menuangkan
Gagasan. Cetakan Kedua.
Yogyakarta: Karnisius.
DOI: https://doi.org/10.31294/w.v8i2.1505
Copyright (c) 2016 Danang Dwi Harmoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Index by:
Published by Department of Research and Community Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika by supported Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License