Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri di Kota Bekasi

Danang Dwi Harmoko

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi bahasa Inggris siswa SMP Negeri di kota Bekasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13, 14 dan 22 kota Bekasi yang berjumlah 1188 siswa. Dari jumlah tersebut diambil sampel sebanyak 120 siswa dengan menggunakan random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Data diperoleh dari hasil tes pilihan ganda sejumlah 30 soal terkait dengan penguasaan kosakata dan tata bahasa serta tes membuat karangan deskripsi. Variabel penelitian yang digunakan adalah penguasaan kosakata (X1), penguasaan tata bahasa (X2) dan kemampuan menulis karangan deskripsi (Y). Dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan makna kosakata dan penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan Fo = 28,343. Secara bersama-sama variable penguasaan makna kosakata dan penguasaan tata bahasa memberikan kontribusi sebesar 32,6% terhadap variable kemampuan menulis karangan deskripsi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alhusin, Syahri. 2003. Aplikasi Statistik

Praktis dengan SPSS.10 for

Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi

penelitian. Yogyakarta: Bina

Aksara

Brown, Douglas. 2001. Teaching by

Principles. San Francisco: San

Francisco State University

Bruce, C. 2008. The seven faces of

information literacy. Adelaide:

Auslib Pres

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 /

tentang Standar Isi untuk

Satuan Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta: Depdiknas

Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa

Indonesia. Jakarta: Insan Mulia

Hadi, Sutrisno.1991. Statistik 2.

Yogyakarta: ANDI OFFSET

Hardjodiputro, Siswojo. 1988. Statistika

Nonparametrik: Aplikasi dan

Interpretasi Pendekatan

Microcomputer. Jakarta: P2LPTK

Hartono. 2011. Metodologi Penelitian.

Pekenbaru: Zanafa

Martin, J.R. 1992. English text: system and

structure. Philadelphia and

Amsterdam: John Benjamins

Nunan, David. 1991. Language Teaching

Methodology. New York: Prentice

Hall

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di

Perguruan Tinggi. Jakarta:

Grasindo

Sudjana. 2005. Metoda Statistika.

Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tarigan, H. G. 1989. Metodologi

Pengajaran Bahasa (Suatu

Penelitian Kepustakaan). Jakarta:

Depdikbud

Widyamartaya, A. 1992. Seni Menuangkan

Gagasan. Cetakan Kedua.

Yogyakarta: Karnisius.




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v8i2.1505

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License