Kajian Sastra Bandingan Novel Travelers’ Tale Belok Kanan: Barcelona! Dengan Film Belok Kanan Barcelona

Nia Amelia, Dian Hartati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menjelaskan perbedaan yang terdapat dalam novel Travelers’ Tale Belok Kanan: Barcelona! Karya Adhitya Mulya dkk dengan Film Belok Kanan Barcelona Karya Sutradara Guntur Soeharjanto yang meliputi aspek intrinsik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Travelers’s Tale Belok Kanan: Barcelona! Karya Adhitya Mulya dkk dan film Belok Kanan Barcelona Karya Sutradara Guntur Soeharjanto. Data penelitian berupa kata, penggalan kalimat, ungkapan, dialog antar tokoh, serta perilaku tokoh dalam film. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan struktur dalam novel dan film. Perbedaan struktur tersebut terlihat pada alur, penambahan dan pengurangan tokoh, serta pengurangan latar tempat pada film. Perbedaan dibuat agar cerita terlihat lebih menarik dan lebih dramatis lagi. Meskipun demikian karena cerita dalam film diambil dari novel. Maka, cerita tersebut memiliki kesamaan yang tidak dapat dipisahkan. Cerita dalam novel bisa disebut sebagai benang merah dari film, namun cerita novel lebih kompleks dibandingkan filmnya.  Peneliti menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk menganalisis karakter dari tokoh, tepatnya penggambaran tokoh menggunakan metode telling (penggambaran langsung) dan showing (penggambaran tidak langsung) dan didapatkan hasil bahwa untuk karakter tokoh baik dalam novel maupun film memiliki kesamaan, perbedaannya hanya terdapat pada penggambaran tokoh dalam cerita.

References


Firmayatni, E. (2017). Kajian Intertekstual Novel dan Film Perahu Kertas. Journal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 15(9), 39–49.

Harjito. (2006). Melek Sastra. Kontak Media.

Isnaniah, S. (2015). Ketika Cinta Bertasbih Transformasi Novel Ke Film. Jurnal Kawistara, 5(1), 23–35.

https://doi.org/10.22146/kawistara.6401

Ivan, M. (2011). Mengenal Dunia Film. Multi Kreasi Satudelapan.

Minderop, A. (2013). Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Minderop, A. (2018). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mulya, A., Setya, A., Hidajat, I., & Yunita, N. (2008). Traveler’s Tale Belok Kanan: Barcelona (Ke-5). Gagas Media.

Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Oktafiyani, A., & Nuryatin, A. (2017). Jurnal Sastra Indonesia Transformasi Makna Simbolik Mihrab pada Novel ke Film dalam Mihrab Cinta. 6(3), 39–45.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumaryanto. (2019). Karya Sastra Bentuk Prosa. Mutiara Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31294/wanastra.v14i1.11782

Copyright (c) 2022 Nia Amelia, Dian Hartati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

  
 

Published by Department of Research and Community Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika by supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License