Lirik Lagu “7 Rings” Ariana Grande Sebagai Representasi Gaya Hidup Hedonisme dan Konsumerisme: Suatu pemaknaan semiotika

Shafwan Nugraha, Yati Heryati, Iwan Adinugroho

Abstract


Pada 2019 silam, Ariana Grande, salah seorang penyanyi dan bintang pop dari Amerika Serikat merilis lagu berjudul ”7 Rings” yang kemudian menjadi populer dan berada di puncak tangga lagu di berbagai negara. Grande menyebut bahwa lirik lagu tersebut melambangkan persahabatannya bersama ketujuh sahabatnya. Namun begitu, jika dibaca kembali, lirik lagu tersebut justru merepresentasikan gaya hidup masyarakat konsumerisme dan hedonisme. Penelitian ini berusaha mengungkap representasi perilaku konsumerisme dan eskapisme hedonistik tersebut dengan bantuan metode hermeneutika. Penelitian dilaksanakan dengan metodologi deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian adalah lirik lagu ”7 Rings” yang dikomposisi oleh Ariana Grande, dkk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan bantuan metode semiotika Roland Barthes yang membuat interpretasi berdasarkan pemaknaan denotatif dan konotatif. Hasil analisis memperlihatkan bahwa beberapa kalimat lirik lagu “7 Rings” merupakan representasi perilaku konsumerisme dan hedonisme yang sangat mengagungkan uang dan kekayaan material sebagai sarana memuaskan diri. Meskipun Grande, dkk. menyatakan bahwa lagu tersebut merupakan lambang persahabatan dirinya dengan sahabatnya yang ikut menulis lirik, pada akhirnya para penyimak lagu tersebut juga menyadari bahwa lirik lagu tersebut tidak lebih dari narsisme materialistik yang mengagungkan kekayaan diri sendiri sebagai upaya menghibur diri. Adanya perbedaan interpretasi lirik ini memperlihatkan bahwa petanda dari pembacaan konotatif tidak terikat pada satu interpretasi melainkan bisa berbeda.

References


Aviandy, M., & Saleh, M. I. (2020). Representasi Ideologi Generasi Muda Uni Soviet dalam Lirik Lagu Mama-Anarxija (Mama Anarki) dari Kino. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 4(2), 121–138.

Barker, C. (2016). Cultural Studies: Teori & Praktik. Kreasi Wacana.

Bauman, Z. (2007). Consuming Life. Polity Press.

Bowenbank, S. (2019). A Guide To Who Ariana Grande’s Friends In “7 Rings” Are. Elle.com. https://www.elle.com/culture/music/a25938580/ariana-grande-friend-group-7-rings/

Dalzell, T. (Ed.). (2018). The Routledge Dictionary of Modern American Slang and Unconventional English. Routledge.

Djajasudarma, T. F. (2010). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Refika Aditama.

Feldman, F. (2004). Pleasure and The Good Life. Oxford University Press.

Gonzales, E. (2019). The True Story Behind Ariana Grande’s New Hit, “7 Rings.” Harpers Bazaar. https://www.harpersbazaar.com/culture/art-books-music/a25948050/ariana-grande-7-rings-lyrics-meaning/

Harvey-Jenner, C. (2019). Ariana Grande explained the meaning behind her new song, 7 Rings. Cosmopolitan.com.

Ichsanuddin, & Purnomo, H. (2021). Sosial, Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek. Media Sains Indonesia.

Kurniullah, A. Z., Faried, A. I., Saragih, H., Wisnujati, N. S., Amruddin, Syafrizal, Yusa, I. M. M., Hasnidar, Daud, & Prijanto, J. H. (2021). Pembangunan dan Perubahan Sosial. Yayasan Kita Menulis.

Leading music genres according to consumers in the United States as of May 2018. (2021). Statista.com. https://www.statista.com/statistics/442354/music-genres-preferred-consumers-usa/

Piliang, Y. A. (2011). Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melalui Batas-Batas Kebudayaan (Edisi 3 Plus DVD) (3 ed.). MATAHARI.

Piliang, Y. A., & Jaelani, J. (2018). Teori Budaya Kontemporer: Penjelajahan Tanda & Makna. Cantrik Pustaka.

Prance, S. (2019). Ariana Grande raps about her ass in her “7 Rings” lyrics and it’s iconic. Popbuzz.com. https://www.popbuzz.com/music/artists/ariana-grande/news/7-rings-lyrics-meaning/

Prasetio, A. (2013). PREFERENSI MUSIK DI KALANGAN REMAJA. Jurnal Pengkajian, Penyajian, dan Penciptaan Musik, 1(1), 75–92.

Scarpi, D. (2020). Hedonism, Utilitarianism, and Consumer Behavior. Palgrave Macmillan.

Setiowati, E., & Wahyuningtyas, B. P. (2011). Marjinalisasi Perempuan Pertama Melalui Lagu: Suatu Analisis Wacana Kritis Terhadap Lagu “Jadikan Aku Yang Kedua.” Humaniora, 2(2), 1006–1024.

Sudjatmiko, H. (2007). Saya Berbelanja Maka Saya Ada. Jalasutra.

Sulastianto, H., Tambrin, I., Tarjo, E., Karyati, D., Supratna, N., Sukmayadi, Y., & Barnas, B. (2006). Seni Budaya (Grafindo M).

Tambayong, Y. (2011). Pak Presiden Menyanyi. Kepustakaan Populer Gramedia.

Zaid, H., Sudiana, Y., & Wibawa, R. S. (2021). Kritik Sosial Terhadap Fenomena Media Sosial Melalui Lirik Lagu “Komodifikasi” Karya Grup Musik Feast. In Teori Komunikasi dalam Praktik (hal. 2–14). Zahira Media Publisher.

Pos Media Sosial

A. [@walkmetomycar]. (2019, June 26). can't believe I once thought 7 rings would be a ballad-like song about friendship 🤧. [Tweet]. Twitter. https://twitter.com/walkmetomycar/status/1143723555865137152

Grande, A. [@ArianaGrande]. (2018, December 2). well ............. ‘twas a pretty rough day in nyc. my friends took me to tiffany’s. we had too much champagne. I bought us all rings. 💍 it was very insane and funny. & on the way back to the stu njomza was like ‘bitch, this gotta be a song lol’. so we wrote it that afternoon. [Tweet]. Twitter. https://twitter.com/arianagrande/status/1068931259043205120

Grande, A. [@ArianaGrande]. (2018, December 2). me, vic, courtney, alexa, tayla, njomza, kaydence (and my mom and nonna so technically nine but they got theirs after song was done) [Tweet]. Twitter. https://twitter.com/ArianaGrande/status/1068929900856279040

lucie. [@imhlucie]. my opinion on 7 rings: well I ain't gonna lie I don't like the lyrics. I thought the song was about female empowerment & friendship but it's just about money.. I'm disappointed, I don't like the message: money is gonna fix your problems... bc it doesn't. (2019, January 19). [Tweet]. Twitter. https://twitter.com/imhlucie/status/1086329783208665089

Stewie Griffin Chart Updates. [@gowonmode]. (2019, Januari 19). ariana really had us thinking 7 rings was about friendship or some shit. [Tweet]. Twitter. https://twitter.com/gowonmode/status/1086349553811496961




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v13i2.11374

Copyright (c) 2021 Shafwan Nugraha, Yati Heryati, Iwan Adinugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

  
 

Published by Department of Research and Community Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika by supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License