KESALAHAN BERBAHASA PENULISAN TUGAS MAHASISWA PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING MASA PANDEMI COVID-19

Silvia Ratna Juwita, Nia Puspita Hapsari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengaji kesalahan berbahasa pada penulisan tugas mata kuliah universitas (MKU) mahasiswa pembelajaran online learning Universitas Esa Unggul masa pandemi Covid-19. Proses kerja penelitian kualitatif dengan metode analisis isi digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian ini adalah tugas mahasiswa pada tiga mata kuliah univeritas: Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Agama Islam. Sumber data dalam penelitian ini adalah tugas mahasiswa pada online learning semester ganjil 2020 masa pandemi Covid-19. Temuan penelitian ini berupa (1) kesalahan penulisan konjungsi, (2) kesalahan penulisan huruf kapital, (3) kesalahan penggunaan tanda baca, dan (4) kesalahan penulisan kata baku. Kegunaan dari penelitian ini selain untuk menambah wawasan bagi khalayak umum juga sebagai pertimbangan materi ajar bagi perguruan tinggi dan menengah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arafat, G. (2018). Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis Gusti Yasser Arafat UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 32–48.

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284

Enung Siti Nurjanah, Aan Kusdiana, S. A. (2014). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Titik Dan Koma Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 20–29.

Fitriani, A. Y. R., & Rahmawati, L. E. (2020). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dan huruf miring dalam teks berita online detiknews dan tribunnews. Bahastra, 40(1), 10. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.14695

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Netty Fitria Dinanti, Susetyo, dan P. U. (2019). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MIPA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(2), 191–202. https://www.academia.edu/38922036/The_Integration_of_Technology_into_English_Language_Teaching_The_Underlying_Significance_of_LMS_in_ESL_Teaching_despite_the_Ebb_and_Flow_of_Implementation?email_work_card=view-paper%250Ahttps://doi.org/10.1155/2016/3159805%25

Nurjayanti, P. L. (2020). Kesalahan Berbahasa dalam Lembar Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. d. https://doi.org/10.31227/osf.io/5msa2

Rahmawati, I. A., & Royana, I. F. (2019). Analisis Kesalahan Penerapan Kata Baku Dan Tanda. 24(2), 259–269.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura, 67–76.

Widyawati, K., & Indihadi, D. (2018). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penggunaan Gadget. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 372–379. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25731/12211

Yani, I. (2018). Analisis Kesalahan Kongjungsi Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Ix Smpn 12. 3(8).




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v13i1.10197

Index by:

  
  
   
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License