Audit Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMK Tunas Harapan Dengan Menggunakan Framework Cobit 4.1

Jamal Maulana Hudin, Erika - Mutiara

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi (TI) dapat meningkatkan keunggulan bersaing suatu organisasi, sehingga banyak organisasi bergantung pada TI, tidak terkecuali dengan SMK Tunas Harapan. Dalam menjalankan aktivitas layanannya, SMK Tunas Harapan didukung oleh Sistem Informasi Perpustakaan. Konsep Information of Technology (IT) governance adalah cara mengelola penggunaan teknologi informasi di sebuah organisasi. IT Governance menggabungkan good practices dari perencanaan dan pengorganisasian, pembangunan dan pengimplementasian, penyaluran dan pelayanan, serta memonitor kinerja sistem informasi untuk memastikan informasi dan teknologi yang dapat mendukung tujuan dan misi organisasi. Salah satu cara mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan proses audit dan analisi terhadap sistem tersebut. COBIT (Control Obejctive for Information and Related Technology) adalah standar control SI yang sifatnya umum serta dapat diterima dan diterapkan oleh organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sistem informasi perpustakaan SMK Tunas Harapan dengan cara melakukan analisis internal controlnya menggunakan COBIT framework. IT Maturity Model merupakan model yang digunakan untuk mengukur tingkat kematangan pengelolaan teknologi informasi dalam suatu organisas, yang meliputi : tingkat 0 (non-existent), tingkat 1 (initial), tingkat 2 (repeateable), tingkat 3 (defined), tingkat 4 (managed) dan tingkat 5 (optimised). Semakin tinggi maturity level akan semakin baik proses pengelolaan teknologi informasi. Dalam penelitian ini, menggunakan domain delivery and support (DS) dipilih untuk melakukan analisis pada setiap level proses IT COBIT. Dari hasil penelitihan ini diperoleh data tingkat kematangan Sistem Informasi Perpustakaan pada level rata-rata 2,67 (repeatable but intuitive) dari domain DS1, DS4, DS5, DS7, DS8, DS10, DS11 dan DS12.

 

Keywords: Sistem Informasi Perpustakaan, Internal Control, Cobit Framework



References


. A. Al-rasyid, “Analisis Audit Sistem Informasi Berbasis COBIT 5 Pada Domain Deliver , Service , and Support ( DSS ) ( Studi Kasus : SIM-BL di Unit CDC PT Telkom Pusat . Tbk ),” e-Proceeding Eng., vol. 2, no. 2, pp. 6110–6123, 2015.

. A. Amnah, “Analisa Proses Audit Sistem Informasi Biro Manajemen Asset Dan Logistik Menggunakan Framework Cobit 4.1. Pada Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung,” J. Inform. Darmajaya, vol. 14, no. 1, pp. 72–83, 2014.

. J. F. A. Fenny, “Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. 2017, no. November, pp. 1–11, 2017.

C. Kesuma and D. N. Kholifah, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Lkp Rejeki Cilacap,” EVOLUSI - J. Sains dan Manaj., vol. 7, no. 1, p. 83, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v8i2.8733

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License