Algoritma Klasifikasi Naïve Bayes untuk Analisa Sentimen Aplikasi Shopee

Siti Masripah, lila Dini Utami

Abstract


Perkembangan dunia perdangangan dalam era industry 4.0 sudah semakin berkembang, di era social masyarakat 5.0 menuntut para pelaku bisnis untuk terus melakukan inovasi-inovasi terkait bagaimana cara memasarkan produk yang akan dijual. Sehingga banyak bermunculan marketplace-marketplace untuk memasarkan produk pelaku bisnis. Salah satu marketplace yang sering digunakan oleh masyarakat social 5.0 adalah shopee. Shopee adalah sebuah aplikasi marketplace yang dapat didownload hanya dengan bermodalkan quota internet. Keberadaan shopee tentunya sangat membantu para penjual barang-barang untuk menjajakan barang dagangannya, tentunya yang sangat diharapkan adalah pelayanan. Cara melihat apakah aplikasi tersebut baik atau buruk pelayanannya adalah melihat dari komentar-komentar baik positif maupun negative atas pelayanan maupun atas aplikasi yang sudah mereka download. Keberadaan komentar-komentar inilah yang nantinya akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat dalam mengambil tindakan, apakah akan mendownload atau melakukan trasaksi di shopee. Komentar-komentar yang ada dapat kita rubah menjadi sebuah informasi data, yang diolah dengan baik menggunakan algoritma, komentar-komentar tersebut akan dilakukan Analisa sentiment menggunakan algoritma klasifikasi Naïve Bayes, sehingga menghasilkan ilmu baru berupa seberapa akuratkah hasil dari Analisa sentiment menggunakan algoritma naïve bayes, sehingga setelah dilakukan Analisa sentiment terhadap komentar-komentar shopee menghasilkan akurasi sebesar 71.50% dan AUC sebesar 0,500. Sehingga dapat dikatakan algoritma klasifikasi Naïve bayes dapat digunakan untuk Analisa sentiment terhadap aplikasi shopee.


References


Lin, Y., Wang, X., & Zhou, A. (2016). Opinion spam detection. Opinion Analysis for Online Reviews, (May), 79–94. https://doi.org/10.1142/9789813100459_0007

Pandhu, A., & Diki, W. (2020). Analisa sentimen dan Klasifikasi Komentar Positif Pada Twitter dengan Naïve Bayes Classification Sentiment Analysis and Classification of Positive Comments on Twitter with Naive Bayes Classification. 1(2).

Ratnawati, F. (2018). Implementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 3(1), 50. https://doi.org/10.35314/isi.v3i1.335

Utami, L. D. (2018). Komparasi Algoritma Klasifikasi Pada Analisis Review Hotel. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 261. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i2.1023




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v8i2.8444

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License