PENDAFTARAN ANGGOTA MARCHING BAND GEMA SWARA (GSKS) KOTA SUKABUMI BERBASIS WEBSITE

Yusti - Farlina, Desi - Susilawati, Denny - Pribadi

Abstract


Seni termasuk kedalam salah satu aspek bagian terpenting untuk melengkapi kehidupan. Dengan adanya seni dalam musik menjadi salah satu tujuan untuk pembentuk kepribadian anak dikarenakan dapat meningkatkan logika, rasa estetis, dan tingkat kreatifitas. Di Kota Sukabumi terbentuk unit-unit Marching band baik berasal dari organisasi masyarakat maupun lingkungan sekolah yang menambah kegiatan ekstrakulikuler untuk siswa-siswanya. Sekarang ini Marching band GSKS telah memperluas penambahan anggota dengan menyertakan masyarakat umum untuk ikut bergabung menjadi anggota. Namun dalam penyampaian informasi unit ini masih menggunakan sistem manual, yaitu proses pendaftaran dan penerapan materi untuk calon anggota yang kurang efisien. Dengan membawa keunggulan internet dalam proses bisnis khususnya kegiatan promosi pendaftaran anggota akan memberikan manfaat bagi perusahaan yang menerapkan aplikasi. Sistem pendaftaran secara online akan memudahkan dalam proses pendataan calon pendaftar. Dalam penelitian ini dibuatkan sebuah aplikasi berbasis website dengan menggunakan model waterfall yang meliputi analisa kebutuhan sistem, desain, pembuatan kode program, pengujian, pendukung dan pemeliharaan. Dengan adanya website pendaftaran anggota baru pada Marching Band Gema Swara Kota Sukabumi (GSKS) dapat mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran, juga dapat diakses darimana saja melalui media internet.

Kata Kunci : Model Waterfall, Pendaftaran, Anggota

References


Agusta, R., Lubis, E., & Sudarman, Y. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band Gita Abdi Praja Di IPDN Kampus Sumatera Barat. E-Jurnal Sendratasik FBS, 5(1), 38–43.

Aulia, S. A. N., Gusrayani, D., & Julia. (2017). Kajian Pembelajaran Alat Musik Drum Band Di SDN Citengah Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 521–530.

Choliviana, E., & Yulianto, L. (2013). Pembuatan Sistem Pendaftaran Anggota Secara Online Pada Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (Hmi) Kabupaten Pacitan. Journal Speed, 5(1), 53–60.

Dermawan, J., & Hartini, S. (2017). Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Perhitungan Nilai Mata Pelajaran Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening. Paradigma, 19(2), 142–147.

Farlina, Y., Hudin, J. M., Yulianti, I., & Maulana, M. (2019). Rancang Bangun E-Commerce Berbantuan SMS Gateway Pada Audrey Batik Sukabumi. Jurnal Swabumi, 7(1), 14–19.

Firmansyah, Y. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya , Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 4(1), 184–191.

Pamungkas, I. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Drum Band TK Pertiwi 31 Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Seni Musik, 3(1), 1–7.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), 6–12.

Tabrani, M., & Pudjiarti, E. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori PT. Pangan Sehat Sejahtera. Jurnal Inkofar, 1(2), 30–40.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v8i1.7525

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License