Animasi Berbasis Multimedia Untuk Siswa Berupa Pengenalan Moda Transportasi Dengan Metode Waterfall
Abstract
Abstrak
Media pendukung pembelajaran bagi siswa sekolah dasar memiliki banyak variasi teknik penyampaian, baik ada yang berbentuk media audio maupun video. Salah satu media penyampaian bagi pembelajaran siswa yaitu berbasis multimedia yang menjadi rancangan aplikasi dalam penelitian ini. Kemampuan mengenali berbagai macam alat transportasi massal bagi tingkat sekolah dasar perlu dikembangkan agar siswa mampu dengan mudah mengetahui dengan baik alat macam macam alat transportasi massal, hal ini yang menjadi tujuan dalam penelitian ini, yaitu merancang suatu aplikasi multimedia pengenalan alat transportasi . Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan studi kepustakaan, objek dalam penelitian ini adalah SDN Cipondoh 9 Tangerang, dimana siswa-siswi dijadikan acuan utama dalam mendukung perancangan aplikasi ini. Perancangan aplikasi multimedia penelitian ini menggunakan model waterfall dalam pengembangan aplikasi. Sedangkan untuk tahap pengujian aplikasi, peneliti menggunakan teknik pengujian black box testing. Maka berdasarkan pemikiran tersebut, dibuat aplikasi pembelajaran transportasi massal berbasis multimedia yang dibuat dengan software Adobe Flash CS3, Basis data, yang diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu proses belajar mengajar Di Sekolah.
Kata Kunci: Aplikasi, Multimedia Flash, Tranportation, Waterfall
Abstract
Learning media support for elementary school students has many variations of delivery techniques, both in the form of audio and video media. One of the delivery media for student learning is multimedia-based which is the application design in this study. The ability to recognize various kinds of mass transportation tools for elementary school level needs to be developed so that students are able to easily know the kinds of mass transportation equipment, this is the goal in this study, namely designing a multimedia application introduction of mass transportation equipment. By using observation and literature study data collection techniques, the object in this study was Cipondoh 9 Public Elementary School in Tangerang, where students were used as the main reference in supporting the design of this application. The design of multimedia application of this research using waterfall model in application development. While for the application testing phase, researchers used black box testing testing techniques. So based on this thought, in this final report was made a multimedia-based mass transportation learning application created with Adobe Flash CS3 software, Database, which is expected with this application can help the teaching and learning process in schools.
Keywords: Application, Multimedia Flash, Tranportation, Waterfall
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fridayanthie, E. W., Mochammad Abdul Azis, & Aliffah Kusumaningrum. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Smk Citra Negara Depok. Swabumi, 6(1), 13–22.
Hardiyan, & Fajriyah, I. (2017). Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mempelajari. Swabumi, 5(2), 2015–2018.
Hendrayudi. (2009). Pengertian Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Ichwan Kurniawan. (2015). Membuat Metode Pembelajaran Dengan Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi Offset.
Roger S Pressman. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.
Rosa A.S, & Shalahudin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v7i1.5572
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178