APLIKASI MOBILE VOTING BERBASIS ANDROID UNTUK PEMILIHAN KETUA OSIS DENGAN MODEL RAD STUDI KASUS SMAN 1 PARUNGKUDA

A. Gunawan, Ramdhan Saepul Rohman, Andika Purnama, Gunawan Gunawan

Abstract


Abstrak
Penggunaan voting sebagai media dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak telah dimulai sejak lama. Voting merupakan kegiatan yang sangat menentukan pada setiap perhelatan pemilihan, banyak varian kepentingan yang harus diakomodir di dalamnya, bagaimana regulasi atau peraturan yang disepakati dan menjadi aturan main, siapa yang dipilih dan siapa yang berhak memilih. SMA Negeri 1 Parungkuda selama ini dalam menentukan pemilihan ketua osis menggunakan metode voting (pemungutan suara) secara konvensional yaitu dengan cara semua siswa pada setiap kelasnya diberikan lembar yang berisi nama calon-calon yang dimajukan sebagai calon ketua osis, kemudian siswa akan menceklis nomor salah satu dari calon tersebut. RAD merupakan perangkat lunak yang menekankan siklus perkembangan dalam waktu yang singkat. RAD menggunakan metode berulang dalam mengembangkan sistem dimana model bekerja sistem dikonstruksikan di awal tahap pengembangan dengan tujuan menetapkan kebutuhan pengguna. Dalam penulisan skripsi ini di terapkan teknologi mobile voting berbasis android dengan model RAD untuk pemilian ketua osis pada SMA Negeri 1 Parungkuda.

Kata Kunci: Voting, Mobile Voting, RAD, SMAN 1 Parung kuda

References


Murtiwiyati; and G. Lauren, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar berbasis Android,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 12, p. 2,3, 2013.

R. Farizah, Nur and Kosidin, “Pemodelan aplikasi mobile reminder berbasis android,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komunikas, vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.

R. A. Adhi, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Voting Berbasis SMS ( Developing E-Voting Information System SMS Based),” Juita, vol. III, no. 2, pp. 85–93, 2014.

S. Aswati and Y. Siagian, “Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah ( Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan,” Sesindo, pp. 317–324, 2016.

I. dkk Agustina, “Berbasis Android,” Development, pp. 14–20, 2016.

W. C. Indhiarta, “Penggunaan N-Gram Pada Analisa Sentimen,” 2017.

Aswati, S., & Siagian, Y. (2016). Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah ( Studi Kasus : Perum Perumnas Cabang Medan. Sesindo, 317–324.

Agustina, I. dkk. (2016). Berbasis Android. Development, 14–20.

Indhiarta, W. C. (2017). Penggunaan N-Gram Pada Analisa Sentimen.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i2.4567

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License