WEB E-COMMERCE DENGAN SISTEM PREDIKSI TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR

Denny Pribadi, Rizki Ramadhan, Rizal Amegia Saputra, Jamal Maulana Hudin

Abstract


Abstrak
Besarnya angka pengguna internet di Indonesia semakin membuka peluang bisnis baik di tingkat lokal maupun global. Perusahaan kecil dan besar berlomba-lomba memanfaatkan internet demi menunjang bisnis mereka. Penerapan teknologi e-commerce merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang keberhasilan penjualan suatu produk dari sebuah perusahaan. Sistem prediksi jumlah transaksi penjualan dapat diterapkan pada aplikasi e-commerce. Metode K-Nearest Neighbor digunakan karena memiliki akurasi yang tinggi dengan rasio kesalahan kecil. Adapun hasil dari prediksi atau peramalan bermanfaat untuk membantu meningkatkan omzet penjualan perusahaan. Studi kasus penelitian ini dilakukan di Distro Folder yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan pakaian seperti baju, jaket, celana, topi, tas dan aksesoris lainnya di Sukabumi. Dengan menggunakan website pembeli dapat lebih mudah dalam memilih dan memesan barang kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengunjungi distro. Pembangunan website e-commerce yang memiliki sistem prediksi transaksi penjualan menggunakan metode K-Nearest Neighbour diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan dengan lebih cepat, lebih luas jangkauan pasarnya serta lebih mudah dalam mengelola laporan penjualan.
Kata Kunci: E-commerce, K-Nearest Neighbor, Web


Abstract
The large number of internet users in Indonesia increasingly opened business opportunities both at local and global levels. Small and big companies vying to use the internet to support their business. Application of e-commerce technology is one important factor to support the successful sale of a product of a company. The prediction system of the number of sales transactions can be applied to e-commerce applications. The K-Nearest Neighbor method is used because it has high accuracy with small error ratios. The result of prediction or forecasting is useful to help increase sales turnover of the company. Case study of this research is done in Distro Folder which is a company engaged in the sale of clothes such as clothes, jackets, pants, hats, bags and other accessories in Sukabumi. By using the buyer's website can be easier in choosing and ordering goods anytime and anywhere without having to visit the distro. The development of e-commerce website that has a sales transaction prediction system using K-Nearest Neighbors method is expected to increase sales figures with faster, wider range of market and easier in managing sales report.
Keywords: E-commerce, K-Nearest Neighbor, Web

References


Marius, P., & Pinotaan, F. (2014). Penggunaan Internet Sektor Bisnis 2013. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. APJII.

Isparmo. (2016, November 21). Data Statistik Pengguna Internet Indonesia Tahun 2016. Retrieved from Internet Marketing & SEO: http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/

Sunarto, A. (2009). Seluk beluk e-commerce. Garailmu, Jogjakarta.

Alkhatib, K., Najadat, H., Hmeidi, I., & Shatnawi, M. K. A. (2013). Stock price prediction using k-nearest neighbor (kNN) algorithm. International Journal of Business, Humanities and Technology, 3(3), 32-44




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3321

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License