Penerapan Metode Single Moving Average untuk Prediksi Penjualan Pada Aby Manyu Cell

Desi Susilawati, Nova Setiawan, Ita Yulianti, Dicki Prayudi

Abstract


Abstrak
Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat, sehingga telah mendorong kemajuan di berbagai bidang. Adapun handphone merupakan peralatan yang di ciptakan untuk mempermudah komunikasi. Saat ini handphone tidak hanya beredar di kalangan dewasa saja tetapi anak kecil pun sudah menggunakan handphone untuk berkomunikasi dengan oranglain. Sehingga penjualan handphone semakin pesat dan cepat. Pada saat ini sistem penjualan handphone pada counter Aby Manyu Cell masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan customer yang membeli handphone, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses penjualan hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar lebih efektif dan efisien serta sistem penjualan yang lebih kondusif di bandingkan dengan sistem yang lebih terdahulu. Selain itu, dikarenakan harga yang terjangkau, Aby Manyu Cell terkadang mengalami kehabisan stok, sehingga beberapa konsumen tidak dapat membeli barang yang diinginkan pada Aby Manyu Cell. Perancangan penjualan handphone menggunakan metode K-Neirest Neighbor ini merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada counter ini, sehingga dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada counter ini.
Kata Kunci: Counter, Prediksi Penjualan, Single Moving Average.

Abstract
The development of the world of information and communication technology is currently very rapid, so it has driven progress in various fields. The mobile phone is a device that is created to facilitate communication. Currently mobile phones are not only circulating among adults only but even small children are using mobile phones to communicate with other people. So that mobile phone sales more rapidly and fast. At this time the system of mobile phone sales on counter Aby Manyu Cell is still done manually, starting from the recording of customers who buy mobile phones, until the storage of other data related to the sales process up to the making of the report, making it possible at the time of the process occurred error in recording , the inaccuracy of reports made and the delays in searching the necessary data. The computerized system is better than the manual system to be more effective and efficient and the sales system more conducive in comparison with the previous system. In addition, due to the affordable price, Aby Manyu Cell sometimes run out of stock, so some consumers can not buy the desired goods on Aby Manyu Cell. The design of handphone sales using K-Neirest Neighbor method is the best solution to solve the problems that exist in this counter, so that with a computerized system can be achieved an effective and efficient activity in supporting activities on this counter.
Keywords: Counter, Sales Prediction, Single Moving Average.

References


Fatansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Indriani, Novita dan Destiana, Heni. 2013. Jurnal Komputer dan Informatika Akademi BSI.

Lajmudin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho, Adi. 2006. Ecommerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika Bandung.

Nurlatifa, Alfian dan Sri Kusumadewi. 2017. Sistem Peramalan Jumlah Penjualan Menggunakan Metode Moving Average Pada Rumah Jilbab Zaky. Jurnal INOVTEK POLBENG – Seri Informatika, Vol. 2, No.1, Juni 2017. ISSN: 2527-9866.

Oktavian, D. P. 2013. Membuat Website Colorfull Menggunakan PHP. Yogyakarta: Mediakom.

Puspitosari, H. A. 2010. Having Fun With Adobe Dreamweaver CS4. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Wahana Komputer. 2012. Belajar Javascript Menggunakan Jquery. Yogyakarta: Andi

Wijaya, Andi., Muhammad Arifin dan Tony Soebijono. 2013. Sistem Informasi Perencanaan Persediaan Barang. JSIKA 2 (2013).

Wong, J. 2010. Internet Marketting For Baginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3319

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License