RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KUE DAN ROTI BERBASIS WEB PADA YUKI BAKERY JAKARTA

Riswandi Ishak, Handini Widyastuti, Setiaji Setiaji

Abstract


ABSTRAK
Yuki Bakery merupakan toko yang bergerak dalam bidang penjualan Kue dan Roti yang berlokasi di Jalan Joglo Raya, Jakarta Barat. Sampai saat ini Yuki Bakery hanya menggunakan sistem sederhana dalam pemasaran informasi dan pencatatan, sehingga menimbulkan kelambatan dalam pemasaran informasi dan dalam pencatatan perhitungan penjualan. Berdasarkan permasalahan di atas penulis merancang dan membuat sistem informasi pada Yuki Bakery. Sistem informasi ini menerapkan waterfall model dalam pembangunannya, dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySql. Perancangan program yang akan dikerjakan, dengan acuan program yang dibuat harus user friendly dan dengan menggunakan metode UML (unifed Modeling Language) dengan membuat Use Case Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram, desain database dan ERD. Sistem informasi ini mampu memperkenalkan dan menjual secara online serta menghasilkan informasi produk-produk yang dijual dan laporan penjualan bagi pemilik toko dengan menggunakan sebuah website. Dengan adanya website pemasaran ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan di berbagai wilayah baik dalam kota maupun luar kota.
Kata kunci : Sistem Informasi, Website, Waterfall

Abstract
Yuki Bakery is a shop engaged in the sale of Cakes and Breads at Jalan Joglo Raya, West Jakarta. Until now Yuki Bakery uses only a simple system in marketing information and recordings, thus causing delays in information marketing and in recording sales calculations. Based on the above questions the author of information and information about Yuki Bakery. This information system applies the waterfall model in its development, and is built with PHP programming language and uses MySql. The design of the program will be done, with the program chosen to be user friendly and by using UML (Unifed Modeling Language) method by making Use Case Diagram, Class Diagram and Sequence Diagram, database design and ERD. This information system is able to introduce and sell online and generate information about sales of products and sales reports for shop owners using the website. With the existence of this marketing site can help companies in improving services and sales in various areas both within the city and outside the city.
Keyword : Information System, Website, Waterfall

References


Frieyadi. 2007. Modul Perancanagan Basis Data. Jakarta: Bina Sarana Informatika.

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Desaign Sistem Informasi : Pendekatan Teori Terstruktur dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi

Jogiyanto ,2005.Analisis dan Desain Sistem Informasi Edisi Ketua, Yogyakarta:Andi Offset.

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi Offset.

Sibero, Alexander F.K. 2011, Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta: MediaKom.

Siska Wahyu Kartikasari.2012. Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Butik Podomoro. ISSN : 2302-1136(print) – 2088-0154(online).

Rejeki, Rara Sri Artati, Agus Prasetyo Utomo dan Stefiana Sri Susanti. 2011. Perancangan dan Pengaplikasian Sistem Penjualan pada “Distro Smith” Berbasis Ecommerce. ISSN: 0854-9524. Semarang: Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 16, No.1, Juli 2011: 150-159. Diambil dari: http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/download/463/32.(25 November 2013)

Rudy, Suyan alias Wati, Reinaldi, Natalini.2008. Analisis dan Perancangan Sistem Ecommerce (studi kasus :PT. Istana Romantik Dekorindo). ISSN: 1907-1522. Diambil dari : http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/564.(25 November 2013)

Zulkifli, Alamsyah. 2005. Manajemen Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utam




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3313

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License