Analisis Efektivitas Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Kinerja Operasional di Perumda Tirta Kanjuruhan (Unit Kepanjen)

Siti Nur Aisyah, Annisaul Karimah, Nela Habibatul Khusnia, Adita Nafisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses implemetasi Sistem Informasi Manajemen (SIM), mencakup menganalisis manfaat penerapan SIM dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja pegawai, serta mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan dan hambatan SIM di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan-Unit Kepanjen. Metode kualitatif dipilih sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara dengan Kasi Umum, 2 orang Staf Bagian Umum Unit Pelayanan Kepanjen dan 1 pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen (SIM) di Perumda telah membawa manfaat positif dalam pengelolaan data dan informasi operasional perusahaan. SIM telah memfasilitasi digitalisasi dan konsolidasi data, meningkatkan efisiensi kinerja pegawai, serta memungkinkan respons yang lebih cepat terhadap kebutuhan dan keluhan pelanggan. Meskipun demikian, implementasi SIM juga menghadapi tantangan masalah teknis (server down), perbedaan tingkat literasi digital staf, dan keterbatasan perangkat keras. Penelitian ini menekankan perlunya strategi komprehensif untuk mengatasi hambatan tersebut, termasuk peningkatan infrastruktur, pelatihan yang disesuaikan, dan pengadaan perangkat keras yang terencana, untuk memaksimalkan efektivitas SIM dan mendukung peningkatan berkelanjutan dalam pelayanan, kinerja pegawai dan proses pengambilan keputusan.

This study explores the effectiveness of the implementation of the Management Information System (MIS) at Perumda Tirta Kanjuruhan (Kanjen Unit) through a qualitative approach. This study differs from previous descriptive studies in that it delves deeper into the analysis of the impact of the Management Information System (MIS) on improving service quality and employee performance efficiency, as well as identifying key factors that influence the success and obstacles of implementation. A qualitative method was chosen as the approach in this study. Data was collected through direct observation, documentation, and interviews with sources, namely: (1) Head of General Affairs, (2) Staff of the General Affairs Division of the Kepanjen Service Unit, and (3) customers. The results of the study show that MIS significantly contributes positively to the management of company data and operational information. MIS has facilitated the digitization and consolidation of data, improved employee performance efficiency, and enabled a faster response to customer needs and complaints. However, these findings also encountered challenges in the form of technical problems (server down), differences in staff digital literacy levels, and hardware limitations. This study emphasizes the need for comprehensive strategies to overcome these obstacles, including infrastructure improvements, tailored training, and planned hardware procurement, to maximize the effectiveness of SIM and support continuous improvement in service, employee performance, and decision-making processes.


References


Agusniar, C., Retno, S., & Ul Fadila, N. (2023). Sistem Pengajuan Cuti Pegawai Berbasis Website Pada Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Bireun. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1113–1121. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12610

Andrian Syahputra, Ragil Wiranti, & Widiya Astita, W. A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen Organisasi Dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal Manajemen Sistem Informasi (JMASIF), 1(1), 26–31. https://doi.org/10.35870/jmasif.v1i1.67

Hakiki, M., Fadli, R., Putra, Y. I., & Intan Putri Pertiwi. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Sekolah Sma Negeri 1 Muara Bungo. Jurnal Muara …, 6(1), 51–57.

Ilham, B. A. (2022). Sistem Informasi Manajemen (Sim) Sebagai Sarana Pencapaian E-Government. Jurnal Stie Semarang, 14(2), 184–195.

Juliani, C., & Zufria, I. (2023). Sistem Informasi Manajemen Laundry Menggunakan Metode Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web. The Indonesian Journal of Computer Science, 11(3), 1082–1091. https://doi.org/10.33022/ijcs.v11i3.3119

Mayjeksen, A., & Pibriana, D. (2020). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(2407–4322), 580–592.

Molly, R., & Itaar, M. (2021). Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Pada RRSUD DOK II Jayapura. Journal of Software Engineering Ampera, 2(2), 95–101. https://doi.org/10.51519/journalsea.v2i2.127

Nidhom, M. M. (2020). PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA GURU [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. In Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (Vol. 21, Issue 1). https://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/

Pandiangan, C., & Dimita H. P. Purba, Jamaluddin, M. P. S. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Biaya Tagihan Pemakaian Air Bersih Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirtauli Kota Pematangsiantar. Majalah Ilmiah METHODA, 11(3), 185–193. https://doi.org/10.46880/methoda.vol11no3.pp185-193

Pratama, A., Wulandari, S. Z., & Indyastuti, D. L. (2022). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penggunaan Aplikasi PLN Daily (Studi Empiris Pada Pegawai PLN UP3 Tegal). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 355–368. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.235

Rochaety, E. (2017). Sistem Informasi Manajemen. In Penerbit Mitra Wacana Media. MITRA WACANA MEDIA.

Romandhon, Setiyadi, D., & Efendi, B. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 5(1), 107–119. https://doi.org/10.32500/jematech.v5i1.2149

Sahir, S. H. (2021). METODOLOGI PENELITIAN. KBM INDONESIA.

Samsudin, & Pramesti, A. A. M. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Pada BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Morawa. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2), 1–8.

Usman, Y., Ode Yamin Arsy Fadillah Mbota, L., Nurhafni Ahmad, S., & Adi Saputra, R. (2024). Perancangan Sistem Informasi Perusahaan Perumda Kota Kendari Berbasis Website Menggunakan Metode Prototype. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), 3203–3209. https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8037

Utami, L. L., Nurfadhilah, D. S., & Zulkifli, R. (2025). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RELASI MITRA PERUSAHAAN PADA PT SARANA KREASINDO TEKNOLOGI. Journal of Informasi System Management (JOISM), 6(2).

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sudarsono, A., & Wijayanti, K. D. (2021). sistem informasi Manajemen (CV INSAN C).

Zahra, H., Santoso, S., & Kurniawan, I. A. (2024). Penerapan sistem informasi pelayanan publik pada aplikasi simpel tkr pdam tirta kerta raharja kabupaten tangerang. 7(September), 87–98.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v13i2.26076

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License