Ephemeral Content dan Augmented Reality Marketing Terhadap Strategi Pengelolaan Hubungan Pelanggan IDIC Pada Pengguna Belanja Online Koja Jakarta Utara

Ana Ramadhayanti

Abstract


Perkembangan teknologi digital yang pesat mempengaruhi cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan, terutama dalam dunia pemasaran online. Dua tren terkini yang memainkan peran penting dalam pengelolaan hubungan pelanggan adalah ephemeral content dan augmented reality marketing. Ephemeral content merujuk pada konten yang hanya dapat diakses dalam jangka waktu terbatas, sementara augmented reality (AR) memberikan pengalaman interaktif yang memungkinkan konsumen untuk mencoba produk secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedua elemen tersebut terhadap strategi pengelolaan hubungan pelanggan (Customer Relationship Management - CRM) dalam konteks belanja online, dengan fokus pada pengguna di daerah Koja, Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengguna aktif platform belanja online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ephemeral content secara signifikan meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menciptakan rasa urgensi untuk berinteraksi dengan merek, yang berujung pada peningkatan kepuasan pelanggan. Di sisi lain, penggunaan augmented reality dalam pemasaran memberikan dampak yang besar terhadap pengambilan keputusan pelanggan dan meningkatkan loyalitas, karena memungkinkan pelanggan untuk merasakan produk secara lebih nyata. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi perusahaan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan efektivitas strategi CRM mereka.


References


Brodie, R. J. , H. L. D. , J. B. , & I. A. (n.d.). Consumer Engagement in a Virtual Brand Community: An Exploratory Analysis. Journal of Business Research, 66(1), , 105–114.

Cowan, K. , & K. S. (2020). Watch me vanish: Ephemerality, visibility, and self-presentation on social media. New Media & Society 22(10), 1733–1750. https://doi.org/10.1177/1461444819888720.

Erwin, dkk. (2024). Ephemeral Content Domination: How to Harness the Power of Stories. . Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING) ), 7(4).

Javornik, A. (n.d.). Augmented Reality: Research Agenda for Studying the Impact of Augmented Reality on Consumer Behavior. Journal of Business Research, 70, 1–12.

Kim, A. J. , & K. E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand. . Journal of Business Research, 65(10), Https://Doi.Org/10.1016/j.Jbusres.2011.10.014., 1480–1486.

Kim, Y. , L. C. , & S. Y. (2020). The Impact of Social Influence on Consumer Purchase Intentions in Online Communities. Journal of Interactive Marketing, 50, 53–66.

Miller, C. , S. J. , & P. S. (2020). Being the temporary brand: Consumer responses to time-limited social media stories. Journal of Interactive Marketing Https://Doi.Org/10.1016/j.Intmar.2019.09.002, 1–15.

Pantano, E. , & S. R. (2015). Modeling innovative points of sales through virtual and immersive technologies. Journal of Retailing and Consumer Services, 22, Https://Doi.Org/10.1016/j.Jretconser.2014.10.006., 140–146.

Payne, A. , & F. P. (2005). A Strategic Framework for Customer Relationship Management. . Journal of Marketing, 69(4), 167–176.

Rauschnabel, P. A. , K. S. , & R. Y. K. (2024). From Wow to Meh: A Cue-Utilization and Habituation Perspective on Augmented Reality Marketing. . Journal of Business Research, 170, 114129. Https://Doi.Org/10.1016/j.Jbusres.2024.114129.

Samirudin. (2023). Manajemen pemasaran dan hubungan pelanggan. Prenadamedia Group.

Sashittal, H. C. , H. M. , & S. R. (2021). Marketing ephemeral content on social media: Understanding user experience and brand interaction. Journal of Consumer Marketing 38(4), Https://Doi.Org/10.1108/JCM-08-2020-3957., 449–460.

Scholz, J. , & D. K. (2018). We ARe at home: How augmented reality reshapes mobile marketing and consumer-brand relationships. Journal of Retailing and Consumer Services, 44, Https://Doi.Org/10.1016/j.Jretconser.2018.05.004., 11–23.

Trainor, K. J. , A. J. , R. A. , & A. R. (2014). Social media technology usage and customer relationship performance: A capabilities-based examination of social CRM. Journal of Business Research, 67(6), Https://Doi.Org/10.1016/j.Jbusres.2013.05.002., 1201–1208.

Venkatesh, V. , & B. H. (2008). Technology Acceptance Model 3 and a Research Agenda on Interventions. Decision Sciences, . 39(2), 273–315.

Zhou, T. , L. Y. , & W. B. (2021). The influence of ephemeral content on user engagement: The moderating role of perceived enjoyment. Information Technology & People. 34(3),Https://Doi.Org/10.1108/ITP-04-2020-0211., 987–1005.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v13i2.25749

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License