Perancangan Inventori Material Menggunakan Metode Extream Programming dan Economic Order Quantity

Asep Suryadi, Adhikarya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem inventori stok bahan baku (raw material) di gudang dengan menggunakan metode Extreme Programming (XP). Permasalahan yang dihadapi adalah belum adanya sistem yang dirancang khusus untuk memonitoring bahan baku di gudang, sehingga pengelolaan stok bahan baku masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Hal ini menyebabkan ketidakakuratan dalam pemantauan stok, serta kesulitan dalam memperoleh informasi yang real-timedan dapat diandalkan. Metode yang digunakan dalam pengolahan data ini yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka serta dengan metode Economic Order Quantity. Metode perancangan sistem ini menggunakan metode Extreme Programming. Adapun hasil jumlah pemesanan yang optimal dengan Economic Order Quantity (EOQ) setiap kali persediaan mencapai sekitar 1.290 Pack untuk meminimalkan biaya total persediaan. Dengan demikian, sistem inventori yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan Microsoft Excel, serta memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan akurasi dan efisiensi pengelolaan bahan baku di gudang. Hasil penerapan sistem menggunakan metode Extreme Programming, yang mengutamakan kolaborasi tim, feedback cepat, dan perbaikan berkelanjutan, sistem yang dirancang dapat memberikan solusi yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan pengelolaan stok bahan baku. Sistem ini memungkinkan pemantauan stok bahan baku secara otomatis dan real-time, yang diharapkan dapat mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi operasional gudang.

This research aims to design a stock inventory system for raw materials in the warehouse using the Extreme Programming (XP) method. The problem faced is that there is no system specifically designed to monitor raw materials in the warehouse, which results in delays in stock monitoring, inaccurate data, limited reporting and difficulties in planning and managing stock of materials. The methods used in processing this data are observation, interviews, and literature study as well as the Economic Order Quantity method. This system design method uses the Extreme Programming method. The use of EOQ provides a more rational data-based approach compared to less structured manual methods. The optimal storage and ordering quantity results using the Economic Order Quantity (EOQ) method whenever inventory reaches around 1,290 Package storage costs decrease by 35.5% or Rp. 2,130.00 from the previous total cost of Rp. 6,000,000, thereby reducing storage costs and stock shortages. The results of implementing the system using the Extreme Programming method, warehouse staff can combine raw material stocks automatically and in real time, thereby increasing warehouse operational efficiency, because the information obtained can be directly used for decision making.


References


Hidayat, T., Zulianti, S., & Ramadhani, R. (2024). Kolaborasi Tim dalam Pengembangan Sistem Inventori Menggunakan Metode Extreme Programming. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 14(3), 180–190. https://doi.org/10.1016/j.jmsi.2024.0631

Kurnia, B. (2023). Logistik dan Manajemen Rantai Pasokan: Konsep dan Aplikasi dalam Pengelolaan Stok. Alfabeta.

Mansury, P., Kurniawan, B., & Maimunah, S. (2023). Manajemen Rantai Pasokan: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Salemba Empat.

Nguyen, T., & Setiawan, A. (2024). Penerapan Extreme Programming untuk Tim Pengembangan Perangkat Lunak Agil. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JSTI), 10(4), 210–225. https://doi.org/10.5678/jsti.2024.1234567

Permatasari, D., Setiawan, R., & Wijaya, A. (2024). Perancangan Sistem Pengelolaan Inventori Gudang dengan ERP Berbasis Web dan Penerapan Metode XP. Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen, 22(2), 142–155. https://doi.org/10.1109/jsim.2024.0087

Santosa, B., & Widyawati, D. (2024). Manajemen Inventori dan Pengelolaan Material (A. Setiawan (ed.)). Penerbit Salemba Empat.

Suryadi, A., & Romansyah, A. (2023). Perancangan Sistem Pembelajaran Online Dengan Pendekatan Metode Waterfall (Studi Kasus: SMK PGRI 109 Tangerang). Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.55606/jutiti.v3i2.2200

Suryadi, A., & Romansyah, A. (2024). Analisis Perbandingan Metode Fuzzy Mamdani, Tsukamoto Dan Sugeno Untuk Optimasi Planning Produksi pada Produk Dea-Tea. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 8(1), 77–84. https://doi.org/10.55886/infokom.v8i1.865

Susanto, H., Wulandari, R., & Pranata, J. (2023). Penerapan Metode Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Inventori di Gudang. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JSTI), 14(3), 200–210. https://doi.org/10.17508/jsti.v14i3.1051

Wijaya, H., & Fadilah, N. (2024). Extreme Programming: Praktik dan Teori untuk Pengembangan Perangkat Lunak (A. Sofyan (ed.)). Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v13i1.24937

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License