Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik pada SD IT Nabawi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Yusti Farlina, Tya Septiani Nurfauzia Koeswara, Desi Susilawati, Resti Yulistria, Dasya Arief Firmansah

Abstract


Penilaian yang dilakukan pada SD IT Nabawi  Kabupaten Sukabumi untuk memilih guru beprestasi masih dilakukan secara konvensional. Bidang Kurikulum bertanya kepada beberapa siswa mengenai siapa guru terbaik, hal tersebut dirasa kurang efektif karena dipengaruhi berdasarkan unsur subjektifitas dari yang memilih, oleh karena itu dibutuhkan sebuah inovasi sistem pendukung keputusan untuk melakukan penilaian guru terbaik. Pada penelitian ini menggunakan metode AHP dengan melakukan perhitungan bobot pada masing-masing kriteria, yaitu: kehadiran, aturan disiplin, tanggung jawab dan responsif, interaksi sosial dan komunikadi serta fleksibel dalam tugas lain. Alternatif yang digunakan sebanyak empat sampel yang merupakan guru SD IT Nabawi Kabupaten Sukabumi, hasilnya dengan adanya sistem pendukung keputusan pemilihan guru terbaik dengan menerapkan metode mampu menghasilkan sebuah keputusan yang lebih cepat dan efektif, sekaligus dapat meminimalisir permasalahan dan kesalahan yang ada sebelumnya.

The assessment carried out at SD IT Nabawi Sukabumi Regency to select outstanding teachers is still carried out conventionally. The Curriculum Sector asked several students who the best teacher was, this was felt to be less effective because it was influenced by elements of subjectivity from those who chose, therefore an innovative decision support system was needed to assess the best teacher. In this study, the AHP method was used by calculating the weights for each criterion, namely: attendance, disciplinary rules, responsibility and responsiveness, social interaction and communication and flexibility in other tasks. The alternative used was four samples who were SD IT Nabawi teachers, Sukabumi Regency. The result was that there was a decision support system for selecting the best teachers by applying a method capable of producing faster and more effective decisions, as well as minimizing existing problems and errors.


References


Ardhiansyah, MR & Anita Diana. (2023). Penerapan Metode AHP untuk Pemilihan Guru Berkinerja Terbaik pada SMKN 59 Jakarta. Jurnal IDEALIS Vol. 6, No. 1, Ha;. 27-36. ISSN: 2684-7280

Apriliani, RA, MI Mahfudhi, Y Efendi. (2020). Penerapan Metode AHP dalam Pemilihan Supplier Ikan Segar UKM Usaha Sahabat Kutai Negara. Prosiding INEACO. ISSN: 2337-4349

Fadhilah, MI & Safitri Juanita. (2019). Penerapan Metode AHP dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik (Studi Kasus: SMPN 161 Jakarta). Jurnal IDEALIS Vol. 2, No. 6, Hal. 81-88. ISSN: 2684-7280

Hariri, Farhan & Anita Diana. (2021). Application of the AHP Method for Decission Support for Teacher Performance Assesment at MA, Dail Khairiaat Foundation. Systematics Vol. 3, No. 1, Hal. 193-210.

Lingga, Norina Br & Humisar Hasugian. (2019). Penerapan Metode AHP dan SAW dalam Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Guru Terbaik (Studi Kasus: SMA Negeri 63 Jakarta). Jurnal IDEALIS Vol. 3, No. 1 , Hal. 396-403. ISSN: 2684-7280

Mukti, Alfian & Anita Diana. (2022). Application of the AHP Metdhod for Selection of the Best Teachers at SD Negeri Periuk 3. Jurnal Transformatika Vol. 20, No. 1, Hal. 72-86. ISSNN: 1693-3656

Paramitha, A, FA Mustika & Farkhatin. (2019). Aplikasi Sistem Pendukung Pemilihan Guru Terbaik Berdasarkan Kinerja dengan Metode AHP. Jurnal Ilmu Teknologi dan Informasi Vol. 3, No. 1, Hal. 9-18

Triastomo, Ilyas & Ady Wijaya. (2022). Penerapan Metode AHP untuk Menentukan Pemilihan Guru Terbaik pada SDN Rawabuntu 03. Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, Hal. 1689-1694




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v12i1.21125

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License