RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA BERBASIS WEB (STUDI KASUS: BIRO ADMINISTRASI PEMBELAJARAN dan AKREDITASI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA)

Eka W Fridayanthie, Yogi Laksono

Abstract


Sistem pendaftaran wisuda berbasis web ini menggambarkan peserta yudisium tidak harus bertatap muka langsung dengan admin untuk melakukan pendaftaran dan pengambilan toga serta undangan wisuda.Pendaftaran wisuda saat ini pada umumnya merupakan sistem off-line, dimana informasi hanya dibuat secara manual baik melalui dokumen-dokumen resmi yang tersimpan, maupun lewat papan pengumuman yang terpasang di lingkungan Universitas Mercu Buana. Berdasarkan uraian di atas, maka dilakukan peningkatan pelayanan dibidang pendaftaran wisuda. Sistem pendaftaran manual yang telah ada akan dikembangkan menjadi sistem pendaftaran digital (terkomputerisasi) dalam bentuk sebuah website on-line. Website online ini dibuat dengan menggunakan script php dan database MySQL.Tujuan dari perencanaan sistem pendaftaran ini adalah memberikan kemudahan dalam penyampaian informasi wisuda dan pendaftaran wisuda yang dapat diakses melalui internet. Melalui pengembangan sistem ini akses informasi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus berhubungan secara langsung dengan sumber yang ada.

References


Ladjmudin. (2006). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

nuryasin. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Berbasis Online Studi Kasus FST UIN SSyarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Sistem Informasi, 99-112.

Pressman, R. (2010). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak . Yogyakarta: Andi Offset.

Pressman, R. (2010). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak . Yogyakarta: Andi Offset.

Putri, L. D. (2014). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pacitan . IJNS Pasuruan Vol. 3, 1-4.

Rizky. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

S, P. R. (2010). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

Shalahuddin, A. R. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika .

Shalahuddin, S. d. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula.

Sulistianingsih, B. E. (2012). Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Donorojo. IJCSS FTI UNSA Vol. 9, 1-6.

Sutanta, E. (2011). Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v5i1.1737

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License