INTERPRETASI MODEL PENERIMAAN SISTEM UJIAN ONLINE DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGI ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY PLANNED OF BEHAVIOR (TPB) DI SMK PASIM PLUS KOTA SUKABUMI

Renny Oktapiani

Abstract


Pemanfaatan teknologi internet saat ini adalah mutlak harus dilakukan untuk semua bidang pendidikan, salah satunya mengubah sistem ujian online yang menggunakan sistem manual ke sistem ujian online yang memungkinkan penggunannya yaitu siswa dan guru akan mendapatkan solusi dari berbagai masalah ujian atau sistem penilaian, yang masih dilakukan secara manual, dengan metode gabungan  Penerimaan Technology Acceptanced Model (TAM) dan Teori Planned of Behavior (TPB) diharapkan akan diketahui bagaimana penerimaan pengguna yang menggunakan sistem ujian online di SMK Pasim Plus Kota Sukabumi. Dengan pendekatan menggunakan metode SEM, dengan bantuan aplikasi SPSS dan AMOS sehingga dapat diketahui hipotesis yang diterima dan ditolak pengaruh dan persentasenya dan interpretasi modelnya, Selain itu juga diharapkan dapat membantu untuk sistem pengambilan keputusan apakah Sistem Ujian Online ini akan dipakai juga untuk Ujian Akhir Semester karena sementara ini baru digunakan pada saat Ujian Tengah Semester.

References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes (50:2) , pp. 179-21.

Davis, F. (1986). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-user Information Systems: Theory and Result. In Doctoral dissertation Sloan School of Management MIT.

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and UserAmos 16.0”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2008.

HM, Jogiyanto, “Model Kesuksesan Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta, 2008

Igbaria, M., Guimaraes, T., & Davis, G.B. (1995). Testing the Determinants of Microcomputer Usage via a Structural Equation Model. J o u r n al o f Management Information Systems (11) (pp. 87-114).

Jogiyanto, P. (2008). Sistem InformasiKeperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. “Ujian Berbasis Komputer (UBK) 2016/2017”. 19 Desember 2016. http://ubk.kemdikbud.go.id/

Latan, Hengky, “ Model Persamaan Struktural Teori dan Implementasi AMOS 21.0”, Alfabeta, Bandung, 2013.

Lisa Noor Ardiani (2015) analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.Com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Dan Theory Of Planned Behavior (Tpb) Di Sma Negeri 7 Yogyakarta.

Mathieson, K. (1991). Predicting User Intentions: Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior. In Information Systems Research (2) (pp. 173-191).

Monica Tirza Dreana (2012) melakukan penelitian “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pengguna SIMAWEB di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro: Integrasi TAM dan TPB”.

Septian Ananggadipa (2012) Integrasi Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public di Indonesia).

Taylor dan Todd (1995) Understanding Information Technology Usage: A Test of Competing Models Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly (13:3) , pp. 319339.

Endang Fatmawati, Technology Acceptance Model (Tam) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan tahun 2015.

Ghozali, Imam, “Model Persamaan Struktural : Konsep dan Aplikasi dengan Program




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v5i1.1704

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License