Implementasi Sistem Informasi Santri Pada Rumah Tahfidz Pejuang Quran Duren Sawit Jakarta Timur Berbasis Web

Dadang Iskandar Mulyana, Sugiyono Sugiyono, Sutisna Sutisna, Herdiyansyah Hartanto, Ahmad Saepudin, Fransiscus Rolanda Malau

Abstract


Pada masa sekarang ini, dimana perkembangan teknologi dan informasi berkembang dengan sangat cepat. Hal ini berdampak pada kemudahan dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk bidang pendidikan dalam hal penyimpanan data dan nilai santri. Rumah Tahfidz Pejuang Quran merupakan salah satu sekolah non formal yang terletak di Jl. Kelapa Sawit Raya No.15A, RT.4 RW.07 Pondok Kelapa, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur 13450. Metode dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, dengan melihat kebutuhan informasi, kebutuhan teknologi dan tujuan bisnis sekolahan tersebut. Maka peneliti bertujuan membuatkan aplikasi berbasis web sistem informasi akademik tersebut, karna akan sangat membantu dalam sistem penyimpanan, maupun update nilai santri langsung di aplikasi sistem informasi akademik tersebut. Dan bisa langsung segera di akses oleh semua siswa setelah update nilai dilakukan oleh guru. Dengan adanya sistem informasi akademik ini diharapkan akan mempermudah bagi pihak yang terkait dalam pengelolaan data dan penilaian siswa secara tepat dan cepat.

References


Aminuddin, A. (n.d.). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MUNAQOSYAH PADA YAYASAN INSAN PRIMA.

Eliana, E., & Rahmatya, M. D. (n.d.). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN SUMUR BANDUNG.

Ichsan, N., Alfarizi, S., Gunawan, D., Rizqi Mulyawan, A., Basri, H., No, J., Karawang Barat, K., & Karawang, K. (2021). Sistem Informasi Pendaftaran Santri Baru Berbasis WEB dengan Pemanfaatan UML Pada PONPES Daarun Nizham. 1(1). http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/profitabilitas

Sakur, A. (2020). SISTEM INFORMASI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR BERBASIS WEB DAN ANDROID. Jurnal Insand Comtech, 6(2).

Sandi. (n.d.). Pengembangan Model Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode SDLC.

Setiawan, A. B., Sulaksono, J., Wulanningrum, R., & Kunci, K. (2019). Penerapan Sistem Informasi Berbasis Website di Pondok Pesantren Kota Kediri. In Generation Journal (Vol. 3, Issue 1).

Sisteminformasi, E., Teknologi, S. T., & Padang, I. (2018). Sistem Informasi Layanan Akademik Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kosgoro 2 Payakumbuh Menggunakan Php Dan Mysql. 1(4).

Ulwiyah Elly, F. (n.d.). Rancang Bangun Sistem Akademik (SIAKAD) Berbasis Web Pada Pesantren Tahfidz Adh Dhuhaa Bulak Santri (Vol. 2020, Issue 2).




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.12568

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License