Sistem Informasi Penyewaan Kendaraan Alat Berat Menggunakan Metode RAD Berbasis Website

Noviar Armanda Nurdin, Fajar Imaduddin, Achmad Rifai

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dapat diterapkan pada berbagai bidang. Begitu juga dengan dunia transportasi mengharapkan  sistem IT dapat berfungsi secara efisien dan efektif. PT Patra Drilling Contractor merupakan perusahaan jasa penunjang industri energi yang terutama menyediakan jasa penyewaan kendaraan operasional dan alat berat kepada pelanggan. Sistem persewaan mobil saat ini masih cukup lama dan belum menggunakan teknologi berbasis web untuk mengelola data, sehingga pelanggan tidak  secara langsung mengetahui ketersediaan kendaraan atau alat berat, pelanggan atau perusahaan lain yang ingin menyewa sering mengecek ketersediaan kendaraan  melalui telepon atau WhatsApp. Akibatnya, pengelolaan data penyewa, data kendaraan yang ada atau disewa, transaksi sewa dan laporan tidak tertata dengan rapi. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah RAD (Rapid Application Development). Dengan mengimplementasikan aplikasi persewaan mobil dan alat berat berbasis website, diharapkan pengelola perusahaan persewaan dapat menyelesaikan permasalahan yang masih tersisa. Alhasil, penyewa atau pengguna jasa rental dapat memesan mobil dengan lebih mudah dibandingkan mereka yang masih menggunakan sistem manual sebelumnya.


References


Hasan, N. (2019). APLIKASI PENYEWAAN MOBIL BERBASIS WEBSITE ( Studi Kasus pada Rental Mobil Lotus Purworejo ). Bianglala Informatika, 7(2), 117–121.

Heriyanto, Y. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL BERBASIS WEB PADA PT.APM RENT CAR. Intra-Tech, 2(2), 64–77. Yunaharheriyanto@amikmahaputra.ac.id

Indah Rahadyanti Prasetya, A., & Saifudin. (2021). PENERAPAN RAPID APLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM PEMBUATAN SISTEM INFORMASI MARKETPLACE PENYEWAAN MOTOR DAN MOBIL. InformaticsandComputerEngineeringJournal, 1(1), 17–26.

Sahara, R., Prastiawan, H., & Rizal, D. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Mylibrary Telkomsel Berbasis Website (Studi Kasus: PT. Telekomunikasi Selular). In Jurnal (Vol. 6).

Yunita, N., & Rosmawati. (2021). Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT Karya Mobil. Simpatik: Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 1(1), 53–62.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.12251

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License