Analisis Pemilihan Rekomendasi Produk Asuransi Jiwasraya Berdasarkan Kebutuhan Nasabah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Lis Saumi Ramdhani, Dewi Qomara, Erika Mutiara, Jamal Maulana Hudin

Abstract


Abstrak

Dengan semakin berkembangnya asuransi tentunya semakin banyaknya program yang ditawarkan, sehingga semakin menjadi daya tarik bagi calon nasabah yang ingin meggunakan jasa asuransi. Untuk setiap calon nasabah, program asuransi yang mereka butuhkan pasti berbeda. Sebagian calon nasabah sering dihadapkan dengan masalah dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kurangnya pemahaman nasabah terhadap produk yang ditawarkan. Untuk itu dalam memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat memperrmudah nasabah dalam mendapatkan informasi serta dapat membantu calon nasabah dalam memahami asuransi agar tidak keliru dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Sistem pendukung keputusan yang dibuat menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dimana kriteria yang digunakan berjumlah lima kriteria, yaitu usia, manfaat, kegunaan, masa pertanggungan dan cara bayar. Hasil yang diperoleh dari penelitian berupa hasil perangkingan pada setiap alternatif yang akan dijadikan sebagai alternatif terpilih dalam pemilihan produk asuransi yaitu produk asuransi Js Optima Assurance terpilih sebagai alternatif pertama dengan perolehan nilai tertinggi yaitu 82. 

 


References


Ananda, N., Putri, N., & Santoso, N. (n.d.). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PRODUK.

Devis, W., Khairina, D. M., & Hatta, H. R. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Produk Asuransi Bagi Calon Nasabah ( Weighted Product ) ( Studi Kasus : PT . Prudential Life Anssurance Samarinda ).

Gunawan, A. (2014). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PRODUK BRIngin DanaDwiguna , untuk kesehatan dan BRIngin Investama , untuk kesehatan dan investasi, 12(1), 73–79.

Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan, 9(2), 80–101.

Kurniawan, E., Mustafidah, H., & Shofiyani, A. (2015). Metode TOPSIS untuk Menentukan Penerimaan Mahasiswa Baru Pendidikan Dokter di Universitas Muhammadiyah Purwokerto ( TOPSIS Method to Determine New Students Admission at Medical School in University of, III(November), 201–206.

Mufizar, T., Anwar, D. S., & Aprianis, E. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Dengan Menggunakan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ) Di SMA 6 Tasikmalaya Decision Support System Of Major Selection Using Saw Method In SMA 6 Tasikmalaya, 1–13.

Munir, M., Marisa, F., Purnomo, D., Teknik, F., Informatika, T., & Malang, U. W. (2018). MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE, 10(2), 32–40.

Safii, M. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA PPA DAN BBM MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ), 31(1), 75–83.

Sujarwadi, A., & Abidin, D. Z. (2016). PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ) DALAM PENENTUAN TUNJANGAN KINERJA PEGAWAI, 1(1), 54–66.

Sunoto, I., Susanto, A., Informatika, T., Teknik, F., & Barat, T. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN ASURANSI JIWA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS, 9(1).




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i2.11371

INDEXING

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License