Implementasi Model Delone and McLean Pada Analisis Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19

Dede Wintana, Denny Pribadi, Yusti Farlina

Abstract


Pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia sampai hari ini, mengubah berbagai kebiasaan dan kegiatan masyarakat karena anjuran dari pemerintah untuk beraktivitas di rumah, imbas pembatasan sosial ini berlaku pada semua sektor tak terkecuali dunia Pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar, sekolah-sekolah diharuskan untuk menggelar Kegiatan belajar mengajar secara daring agar kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan meskipun dari rumah, salah satu media belajar daring yang di manfaatkan yakni Google Classroom, selain mudah digunakan google classroom juga gratis bisa digunakan oleh siapa saja. MA Muhammadiyah Kadudampit merupakan salah satu sekolah yang menggunakan google classroom dalam kegiatan belajar mengajar selama pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk analisis faktor-faktor dalam mengukur keberhasilan penggunaan google classroom dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19 pada siswa-siswi MA Muhammadiyah Kadudampit mengenai efektifitas penggunaan google classroom selama kegiatan belajar dari rumah, dengan menggunkan model kesuksesan sistem informasi Delone and McLean. Data diperoleh dari 39 siswa yang di wawancara secara langsung  yang di kumpulkan melalui media kuesioner, dan di oleh menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian menunjukan variable kualitas sistem dan kulitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap variable kualitas pengguna, sedangkan varibel lain menunjukan pengaruh yang signifikan, penggunaan google classroom pada kegiatan belajar daring diperoleh nilai goodness Of Fit (GoF) 0,71 atau 71%, maka model pengujian kesuksesan model pembelajan daring dengan menggunakan Model Delone and Mclean dinyatakan cukup sesuai secara substansional dalam pengujian penelitian.

References


Agustina, H., & Kriwangko, P. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Organizational Citizenship Behavior di Sushi Tei Galaxy Mall Surabaya The Impact of Transformational and Transactional Leadership Style on Organizational Citizenship Behavior in Sushi. 5, 96–109.

Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 1(1), 17. https://doi.org/10.25273/research.v1i1.2451

Astalini, A., Maison, M., Ikhlas, M., & Kurniawan, D. A. (2018). the Development of Students Attitude Instrument Towards Mathematics Physics Class. Edusains, 10(1), 46–52. https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7213

Farabi, N. A. (2016). Analisis Penerapan Sistem informasi ZISW Dengan Menggunakan Metode UTAUT. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 1(2), 71–79.

Harefa, N., & Sumiyati, S. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 88. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.270

Hidayat, A., & Kurniawan, C. (2016). Pengaruh Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Non. An-Nafs, 10(01), 1–10.

Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1), 44–52. https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165

Kualitas, A., Kerja, K., Kerja, D. A. N. K., Cv, P., Senenan, D., & Arifin, N. (2012). Analisis Kualitas Kehidupan Kerja, Kinerja, Dan Kepuasan Kerja Pada Cv Duta Senenan Jepara. Jurnal Economia, 8(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/economia.v8i1.797

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 188–195.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259

Mclean, D. D. A. N. (2016). Jurnal Sistem Informasi ( Journal of Information Systems ). 1 / 12 ( 2016 ), 1-8 DOI : http://dx.doi.org/10.21609/jsi.v12i1.444. 12, 1–8.

Nariswari, R., & Iriawan, N. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan , Kepuasan Surabaya dengan Pendekatan SEM Bayesian. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(1), 248–252.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977

Prayudi, D., & Oktapiani, R. (2020). Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Dengan Model DeLone McLean (Studi Kasus pada Aplikasi Mobile RS Hermina). Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 9(1), 22–28.

https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JIIE/article/view/731/382

Rifai, A. (2015). Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengukur ekspektasi penggunaan repositori lembaga: Pilot studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Al-Maktabah, 14(1), 56–65.

Suri, M. (2020). Journal of Education Science ( JES ), 6 ( 2 ), Oktober 2020 APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI COVID-19 THE APPLICATION OF GOOGLE CLASSROOM IN THE ENGLISH LANGUAGE TEACHING LEARNING DURING PANDEMIC COVI. 6(2).

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251

Vogt, W. (2015). Structural Equation. In Dictionary of Statistics & Methodology. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1909

Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Jurnal perseda. Jurnal Persada, III(2), 75–79.

Wulandari, I. A. G. (2021). Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ihdn Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 45–52.

Yuliana, K., & Afriani, D. (2020). Analisis Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Online SMP Negeri di Kota Banjarmasin dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean. Jurnal Infokam, XVI(1), 1–12




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i2.11227

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License