ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NASABAH TERHADAP WEBSITE PEGADAIAN MENGGUNAKAN METODE TAM

Nia Nuraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention to use dalam penerapan tingkat kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero). Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan sumber data menggunakan data primer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 orang nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Dengan alat analisis yang dipakai menggunakan SPSS ver. 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial perceived usefulness tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap behavioral intention to use dan perceived ease of use berpengaruh dan signifikan terhadap behavioral intention to use. Sedangkan secara parsial perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh dan signifikan terhadap behavioral intention to use dengan tingkat koefisien determinasi sebesar 86,4% sedangkan sisanya 13,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

References


Ahmad, A. (2013). Perkembangan Media Online Dan Fenomena Disinformasi ( Analisis Pada Sejumlah Situs Islam ) Online Media Development And Phenomenon Of Disinformation ( Analysis Of Islamic Sites ). Jurnal Pekommas, 16(3), 177–186.

Atchariyachanvanich, K., Okada, H., & Uesugi, S. (2011). The Technology Acceptance Model. Inter-Organizational Information Systems And Business Management, 234–250. Https://Doi.Org/10.4018/978-1-60960-768-5.Ch015

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat Dan Ekonometrika Dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartati, S., Choiruddin, Winarko, H., & Martini, R. (2020). Akuntabilitas Publik Dari Aspek Pembukuan, Inventarisasi, Dan Pelaporan Aset Tetap. 9(1).

Hartatik, S. R., & Budihartanti, C. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Tam ( Technology Acceptance Model ). 7(1).

Jahangir, N., & Begum, N. (2008). The Role Of Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , Security And Privacy , And Customer Attitude To Engender Customer Adaptation In The Context Of Electronic Banking. 2(1), 32–40.

Kasmir. (2015). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT. Raja Grafindo Persada.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. CV. Andi Offset.

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. Https://Doi.Org/10.24090/Komunika.V10i2.953

Subagio, H., & Jessica, J. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Subjective Nor M, Da N C Ust Omer E Xpe Rie N Ce Terh Ad Ap I N Tention T O Use Mytelkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya). Https://Www.Google.Com/Url?Sa=T&Rct=J&Q=&Esrc=S&Source=Web&Cd=&Cad=Rja&Uact=8&Ved=2ahukewiwpmrw96jyahu5lesfhxyoahcqfnoecawqaq&Url=Http%3A%2F%2Fpublication.Petra.Ac.Id%2Findex.Php%2Fmanajemen-Pemasaran%2Farticle%2Fdownload%2F10193%2F9123&Usg=Aovvaw3qokenrruzx7qbhcnxy7jg

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metod Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. CV. Alfabeta:

Wulandari, I. R. (2020). Analysis Of Behavior Using E-Money With A TAM Approach ( Technology Acceptance Model ). 10(01), 24–32.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i2.11175

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License