DAMPAK PENDEMI COVID 19 TERHADAP PERUBAHAN SHIFT KERJA DAN KINERJA CLEANING SERVICE

Eva Marsusanti, Andi Riyanto, Resti Yulistria, Rifa Nurafifah Syabaniah, Rusli Nugraha

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak terhadap segala aspek kehidupan manusia. Tidak terkecuali di lingkungan kerja perusahaan yang harus mengikuti   kondisi saat ini. Tujuan penelitian ini berupaya mencari seberapa jauh dampak yang diakibatkan oleh pandemi terhadap perubahan shift kerja dan kinerja dari cleaning service. Metode deskriptif kuantitatif diterapkan pada penelitian ini. Sampel berjumlah 10 orang cleaning service yang bekerja di Citimall, Sukabumi. Pengumpulan data primer menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka yang kemudian diolah menggunakan uji statistic untuk membuktikan hipotesis. Hasil penelitian yang didapat menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19 secara tidak langsung mempengaruhi perubahan shift kerja dan kinerja cleaning service. secara parsial Pandemi COVID 19 (X) berdampak signifikan terhadap Perubahan Shift Kerja (Y1), artinya setiap dampak yang diakibatkan oleh pandemic covid 19. Secara tidak langsung mempengaruhi perubaan shift kerja dan Kinerja Cleaning Service (Y2) Citimall Sukabumi. Variabel Pandemi covid 19 (X) secara simultan dan signifikan memiliki pengaruh terhadap perubahan shift kerja (Y1) dan Kinerja Cleaning Service (Y2).


References


Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep, dan indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Damayanti, d. (2013). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Surakarta: Jurnal UNS Vol 2 No 1 Hal 155 s/d 168.

Dharma, S. (2012). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Edison, E. (2016). Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gibson, d. (2003). Organizations: Behavior Structure Processes Eleventh Edition. New York: Mc Graw Hill.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Marsusanti, E. (2015). Pengaruh Shift dan Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Sukabumi: Jurnal Swabumi, Vol. 2 No. 29-35 .

Murty, H. (2012). Pengaruh Kompensasi, motivasi, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Di Surabaya). Surabaya: The Indonesian Accounting Review Vol. 2 STIE Perbanas.

Robbins, S. P. (2010). Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Ruky, A. S. (2002). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Semesta. (2018). Cleaning Service atau Penyedia Jasa Kebersihan. Bandung: Citra Insani Garuda.

Setiawan, B. S. (2020). Pengaruh Waktu Gilir Kerja Sebagai Dampak Covid-19 Terhadap Kinerja Karyawan . Tangerang: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suma'mur. (2013). Higienis Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Sagung Seto.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i1.10172

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License