PERANCANGAN DESAIN KEMASAN KOFFIE PRABU SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOPI GULA AREN

agus triyadi

Sari


ABSTRAK

Koffie Prabu adalah merek kopi gula aren yang diproduksi oleh CV. Berkah Jaya Mandiri di kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Permasalahan penelitian ini terletak pada desain kemasan yang kurang menarik sehingga menyebabkan kurangnya minat dan daya beli terhadap kopi gula aren merek Koffie Prabu. Metode yang digunakan adalah dengan cara wawancara langsung kepada perusahaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan akurat. Hasil dari wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa desain kemasan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan penjualan produk dan didukung dengan media promosi yang baik juga. Desain kemasan yang baru dengan konsep yang berbeda akan membuat produk ini jadi lebih fresh dan desain yang baru dibuat menggunakan konsep elegant dan premium yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Penggunaan konsep elegant dan premium ini dikarenakan desain yang sebelumnya hanya menggunkan konsep yang sederhana. Desain yang sudah dibuat diterima dengan baik oleh perusahaan dan dipergunakan untuk promosi produk. Promosi yang dilakukan dengan menggunakan desain yang baru meningkatan penjualan produk dari yang sebelumnya.

Kata  Kunci : Koffie Prabu, Kopi gula aren, Desain Kemasan.

 

ABSTRACT

Koffie Prabu is Palm sugar coffee brand produced by CV. Berkah Jaya Mandiri  in Bekasi, West Java, Indonesia. Problems of this research lies in the packaging design less attractive so that caused a lack of interest and buying power against the Palm sugar coffee brand Koffie Prabu. The method used is by way of a live interview to the company to get the maximum results and accuracy. The results of these interviews can be inferred that the packaging design is one of the factors to increase product sales and supported by media promotion is good too. The new packaging design with different concepts will make this product so much more fresh and new designs created using the concept of elegant and premium which can be enjoyed by all people. The use of the concept of elegant design this is because premium and previously only either a simple concept. The design that was made well received by companies and used for product promotion.Promotions conducted using the new design to improve product sales from the previous one.

Keywords: Koffie Prabu, Palm sugar, packaging design

Kata Kunci


Kata Kunci : Koffie Prabu, Kopi gula aren, Desain Kemasan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adityawan, O. (2015). Visualisasi

Kampanye Kesehatan Remaja Dalam Media Cetak. Jurnal Sketsa, 2(1).

Al- Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar –

Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: ALFABETA.

Badan Pusat Statistik. 2010. Sensus

Penduduk. Dalam : https://sp2010.bps.go.id diunduh pada 5 Agustus, 2018.

Casofa, Fachmy dan Alib Isa. 2013.

Jagat Desain Grafis. Jakarta: Bumi Aksara.

Fauzan, F. B., & Triyadi, A. 2017.

Rancangan Corpotate PT. Poin Industria. Jurnal Sketsa, 4(2).

Freddy Rangkuti, 2009, Strategi

Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cetakan pertama, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hendratman, Hendi. 2008. Tips & Trik

Graphic Desain. Bandung: Informatika.

Kotler,Philip and Gary Armstrong. 2008.

Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mulyani, Yosepha Nita Dwi. 2015.

Perancangan Identitas dan Desain Kemasan. Produk UMKM. Sambal Pecel. Bandung: CIKIRANA.

Pajriana, A., Adityawan, O., Perdana, B.

B., & Pujaswati, C. 2017. Branding Distro Growing Supply Co. Melalui Perancangan Corporate Identity. Jurnal Sketsa, 4(2).

Tinarbuko, Sumbo. 2015. DEKAVE,

Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Widiatmoko, Didit. 2013. Metode

Penelitian Visual. Bandung: Dinamika Komunika.




##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI