PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY PT. NATA TERRA RESOURCES

Andre Rizky Fahrul, Iwan Muhammad Ridwan, Bayu Bambang Perdana

Sari


ABSTRAK

 

Persaingan dalam bidang usaha jasa konsultan geologi dan pertambangan sangat ketat. Dalam perkembangan zaman sekarang ini suatu identitas dalam perusahaan sangatlah penting. Suatu perusahaan harus mempunyai identitas pembeda dari yang lain sebagai tanda citra dan karakter perusahaan kepada perusahaan atau masyarakat. Dengan suatu identitas visual yang membentuk suatu citra dan karakter sangat diperlukan perusahaan, untuk membuat perusahaan menjadi lebih baik agar dapat diterima atau di kenal di tengah–tengah dunia industri atau masyarakat. Dalam proses perancangan ulang visual corporate identity PT. Nata Terra Resources, yang perlu di analisa dari berbagai aspek yang ada pada perusahaan itu. Berdasarkan hanalisis pendekatan kualitatif analisis, lebih cocok dengan tema yang di ambil oleh penulis untuk menemukan rekomendasi standar logo, layout, warna, elemen grafis, maupun tipografi dalam membangun corporate identity. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi mengenai elemen grafis seperti warna, bentuk, jenis font, dan hal-hal semacamnya yang seharusnya digunakan pada logo dan media lainnya yang sama ragam sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan perusahaan, seperti stationery, merchandise, dan media promosi lainnya.

Kata Kunci : Corporate Identity, Logo, PT.Nata Terra Resources

 

 

ABSTRACT

 

Competition in the geological and mining consulting services business is very strict. In the current development of an identity in the company is very important. A company must have a distinguishing identity from the others as a sign of the company's image and character to the company or society. With a visual identity that forms an image and character, the company is needed, to make the company better so that it can be accepted or known in the midst of the industrial world or society. In the process of redesigning the visual corporate identity of PT. Nata Terra Resources, which needs to be analyzed from various aspects of the company. Based on the analysis of qualitative analysis approaches, it is more suitable with the theme taken by the author to find standard recommendations for logos, layouts, colors, graphic elements, and typography in building corporate identity. The results of this study aim to obtain recommendations regarding graphic elements such as color, shape, type of font, and similar things that should be used on logos and other media that are the same variety in accordance with the provisions relating to the company, such as stationery, merchandise, and other promotional media.

 

Keywords: Corporate Identity, Logo , PT. Nata Terra Resources

Kata Kunci


Corporate Identity, Logo, PT.Nata Terra Resources

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Kusrianto. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Bambang Irawan, & Tamara, P. (2013). Dasar-Dasar Desain. Jakarta: GRIYA KREASI.

Fauzan, F. B. (2017). Rancangan Corpotate PT. Poin Industria, 4(2).

Hartanto, M. I., Negara, N. S., & Aryanto, H. (2015). Perancangan Corporate Identity Brotherwood Decoration.

Novianji. (2012). Corporate Identity Menjadikan Branding Lebih Kuat. Retrieved from https://www.becakmabur.com/corporate-identity-menjadikan-branding-lebih-kuat/

Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sartika. (2014). Analisis Tentang Filosofi Perubahan Logo Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Samarinda Dalam Mengkomunikasikan Budaya Perusahaan., 1(2), 79–93.

Soekotjo, I., & AMW, M. (2014). Brand Yourself. Jakarta: Gramedia Widiasarana. https://doi.org/6022518105

Sriwitari, N. N. (2014). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuliarna. (2016). The Art of Embroidery Designs. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.




##submission.license.cc.by4.footer##

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI