RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA "STUDI KASUS PADA PAGUYUBAN ALAM PAKIDULAN SUKABUMI GEOPARK CILETUH SUKABUMI"

Femi Oktaviani

Sari


ABSTRACT

This study departs from the increasing of tourism sector which is capable in prospering a community and able to contribute to national development, one of the tourism sector that has  huge potential to grow and contribute to the welfare of society is a tourist attraction of Geopark Ciletuh that developed by PAPSI as an activator of a tourist attraction. However, the tourist visit at the tourist destination is low. Therefore, a precise marketing communication strategy is necessary to develop the potential object of Geopark Ciletuh and increase tourist visit, one of which is through relationship marketing. The purpose of this research is to find the forms of relationship marketing, trust and commitment with tourists, media users, obstacles as well as the reason to do “Exploring Ciletuh” in developing Geopark Ciletuh. This study uses a qualitative method with case studies approach and search an information from the key informants namely PAPSI Chairman and Marketing department of PAPSI. Data collection techniques used were interviews, observation, literature study and documentation. After analyzing and in-depth-reviewing the findings in the field, the most proper relationship marketing in developing Geopark Ciletuh is building trust and commitment with tourists, selecting proper communication media, ove rcoming the obstacles.  

Keywords: Relationship Marketing and  tourist attractions of Geopark Ciletuh.

 

ABSTRAK

Sektor pariwisata dapat diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan nasional. Salah satu sektor pariwisata yang memiliki potensi besar untuk berkembang dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat adalah objek wisata Geopark Ciletuh yang dikembangkan oleh PAPSI sebagai penggerak objek wisata tersebut. Meskipun demikian, kunjungan wisatawan pada destinasi wisata tersebut sangat kurang. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan potensi objek wisata Geopark Ciletuh dan mengembangkan kunjungan wisatawan, salah satunya melalui relationship marketing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk relationship marketing, kepercayaan dan komitmen dengan wisatawan, penggunaan media, hambatan serta alasan melakukan “Exploring Ciletuh” dalam mengembangkan Objek Wisata Geopark Ciletuh. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta menggali informasi dari key informan yaitu Ketua PAPSI dan bagian Pemasaran PAPSI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Setelah melalui analisis dan kajian yang mendalam terhadap penemuan-penemuan di lapangan, maka relationship marketing yang paling tepat dalam mengembangkan objek wisata Geopark Ciletuh adalah membangun kepercayaan dan komitmen dengan wisatawan, memilih media komunikasi yang tepat, mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi.

Kata kunci: Relationship Marketing dan Objek wisata Geopark Ciletuh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

A.Usmara .2003. strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Amara Books.

Alma, Buchori. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Alwasilah, A. Chaedar. 2002. Pokoknya Kualitatif : Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta : Pustaka Jaya.

Bungin, Burhan. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Burkat, A.J., & Medlik. 1981. Tourism : Past, Present and Future. London : United Kingdom.

Buttle, Francis. 2004. Customer Relationship Marketing. Jawa Timur : Bayumedia Publishing.

Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing : Inovasi Pemasaran yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Cresswell, John W. 1992. Qualitative Inquiry and research Design ; Bussines and Profesional Communication. New York : Harper Collins Publisher.

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis. Jakarta : Salemba Empat.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kuaalitatif. Bandung : Pustaka Setia.

Daymon, Christine dan Holloway, Immy. 2008. Riset Kualitatif ; dalam Public Relations dan Marketing Communication. Yogyakarta : Bentang Pustaka.

Effendy, Onong Uchajana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.

Hernawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Bandung : Erlangga.

Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid. Jakarta : PT. Indeks. Ed.

. Paul N Bloom. Teknik dan Strategi Memasarkan Jasa Profesional. Terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun. Jakarta : CV Intermedia.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemsaran : Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Lovelock, Christopher H. and Lauren K. Wright. 1999. Principle of Service Marketing and Management Publisher. Prentice Hall; 2nd edition.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Meleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia.

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi pemasaran : Strategi dan Taktik. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Rakhmat, Jalaludin. 2000. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Yin, K. Robert. 2002. Study Kasus: Desain dan Metode. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Yoeti, Oka A. 1996. Pemasaran Pariwisata. Bandung : PT. Angkasa.

Zeithaml, Valarie A., and Mary Jo Bitner. 1996. Service Marketing. New York : McGraw Hill.

Sumber Lain :

Karta, Ni Luh Putu Agustini & I Ketut Putra Suarthana. 2014. “Strategi Komunikasi Pemasaran Ekowisata Pada Destinasi Wisata Dolphin Hunting Lovina”. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis Kewirausahaan Vol. 8 No. 1 Februari 2014.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI