APLIKASI ILUSTRASI DESAIN PADA KERETA API ARGO PARAHYANGAN DENGAN MUATAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL JAWA BARAT

Sandi Destian Pratama

Sari


ABSTRACT

The purpose of  this design is to make a breakthrough by making the train of Argo Parahyangan to make the first train introduce the culture of local genius West Java, through design  of illustration applied on the exterior part of  railway coach with the concept theme that on every coaches. The design of this thesis uses descriptive analysis approach. Descriptive analysis means the process of taking a conclusion based on a specific cases become specific conclusion. Data collection techniques with interviews, observation, literature study, and documentation. The result of this design of illustration expected to be a refrence or new innovations for the development of railway in Indonesia, and can introduce and upholds culture of Indonesia to the people, to applied the design of themes Indonesia culture of local genius West Java on exterior part of railway coach Argo Parahyangan.

Keywords: Illustration, Train, Argo Parahyangan, Culture of West Java

 

ABSTRAK

Tujuan dari perancangan ini adalah membuat suatu terobosan baru dengan menjadikan kereta Argo Parahyangan menjadi kereta pertama yang mengenalkan kearifan budaya lokal Jawa Barat, melalui ilustrasi desain yang diaplikasikan pada bagian eksterior gerbong kereta dengan konsep tema yang berbeda-beda pada setiap gerbongnya. Perancangan tugas akhir ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Deskriptif berarti proses mengambil suatu kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat khusus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari perancangan ilustrasi desain ini diharapkan dapat menjadi referensi atau inovasi baru bagi perkembangan kereta api di Indonesia, sekaligus dapat  mengenalkan serta menjunjung kebudayaan Indonesia kepada masyarakat, dengan mengaplikasikan desain yang bertemakan kearifan budaya lokal Jawa Barat pada bagian eksterior gerbong kereta Argo Parahyangan.

Kata Kunci: Ilustrasi, Kereta Api, Argo Parahyangan, Budaya Jawa Barat


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiantono, “Cantik Kereta Rahayu Neng Bawono”, di akses dari http://news.detik.com/bandung/read/2011/02/15/121029/1571445/486/, pada April 2015.

Bambang Irawan, dan Priscilla Tamara., 2013, Dasar-Dasar Desain, Depok : Griya Kreasi.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)”, di akses dari http://kbbi.web.id, pada April 2015.

Company Profile PT KAI 2013.

Deddi Duto Hartanto. 2013. Penggunaan Ilustrasi Sebagai Daya Tarik Pada Iklan Media Cetak. Bandung: Universitas Kristen Petra.

Emzir, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta : Rajawali Pers.

Gobyah, I Ketut., “Berpijak pada Kearifan Lokal”, di akses dari http://www.balipost.co.id/BALIPOSTCETAK/2003/9/17/bd3.htm, pada April 2015.

Herimanto, dan Winarno., 2012, Ilmu Sosial & Budaya Dasar, Jakarta : Bumi Aksara.

Indonesia Data, “Daftar Provinsi dan Luas Wilayah Indonesia”, di akses dari http://indonesiadata.co.id/main/index.php/provinsi, pada Mei 2015.

Info Kereta Api, “Kereta Api Argo Parahyangan”, di akses dari http://kereta-api.info/kereta-api-argo-parahyangan-jakarta-bandung-3617.htm, pada Juni 2015.

Koentjaraningrat, 2011, Pengantar Antropologi I, Jakarta : Rineka Cipta.

Kusrianto, Adi., 2009, Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta : ANDI.

Moleong, Lexy J., 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung : Rosda Karya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, “Potensi Seni dan Budaya”, di akses dari http://jabarprov.go.id/index.php/potensi_daerah/detail/20/4, pada Mei 2015.

Purnomo, Herdaru., “Tengok Kereta Batik Sancaka & Gajayana”, di akses dari http://finance.detik.com/read/2012/08/03/080739/1982043/4/yuk-tengok-kereta-batik-sancaka--gajayana, pada April 2015.

Pratiwi, Ika Ayudya., “Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam Local Point sebagai Perekat Sosial Masyarakat”, di akses darihttp://puspensos.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=117, pada April 2015.

Rosidi, Ajip., 2011, Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Sunda, Bandung : Kiblat.

Sarwono, Jonathan., 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supriyono, Rakhmat., 2009, Desain Komunikasi Visual (Teori dan Aplikasi), Yogyakarta : ANDI.

Suyatno, Suyono., “Revitalisasi Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Identitas Keindonesiaan”, di akses dari http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/1366, pada April 2015.

Tabrabi, Primadi., 2005, Bahasa Rupa, Bandung : Kelir.

Undang-Undang No.23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Wina Nur Alia. 2009. Bahasa Rupa Pada Buku Ilustrasi Anak Indonesia Kontemporer. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI