Perancangan Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Mengenai Dampak Negatif Junk Food Bagi Anak

Nurul Fauziyah, Agus Triyadi, Bayu Bambang Perdana

Sari


Junk Food adalah jenis makanan yang mempunyai banyak kalori, sedikit serat dan nutrisi. Junk Food dapat menyebabkan penyakit bila terlalu sering dikonsumsi terutama bagi anak usia 4-8 tahun. Rendahnya pengetahuan orang tua mengenai dampak negatif Junk Food, menjadikan makanan ini sebagai alternatif saat orang tua tidak sempat memasak karena sifatnya yang praktis. Metode yang digunakan menggunakan metode observasi dengan langsung terjun ke lapangan mengamati dan wawancara langsung di lapangan. Untuk menambah pengetahuan orang tua maka dibuat Iklan Layanan Masyarakat (ILM) mengenai dampak negatif Junk Food. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi persusasif atau mendidik khalayak yang bersifat sosial, agar masyarakat sebagai audiens dapat menambah pengetahuan dan kesadaran serta merubah pola hidupnya. Iklan layanan masyarakat tersebut berisi gambar-gambar vektor yang menarik dan musik yang ceria. Selain video animasi dibuat juga katalog resep masakan sehat yang mudah dibuat dan disajikan untuk anak sebagai alternatif agar orang tua tidak membelikan anaknya makanan junk food.

 

Kata Kunci: Junk Food, Dampak Negatif, ILM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Casofa, Fachmy dan Alib Isa. 2013. Jagat Desain Grafis. Jakarta: Bumi Aksara.

Kountur, Ronny. 2009. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Munandar, Haris dan Dudi Priatna (Penerjemah). 2011. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana.

Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI