Visualisasi Kampanye Kesehatan Remaja Dalam Media Cetak

Oki Adityawan

Sari


ABSTRACT

Awareness of healthy living and exercise among adolescents would now begin to decline and therefore need to be holding socialization to build and encourage young people to want to live healthy and want to exercise. Lack of awareness of healthy living makes unrest are becoming increasingly visible. Thus the need for the movement to encourage young people (teenagers) in order to realize the importance of healthy living and willing to take the time to exercise. Accurate information to support the writing is very much needed and therefore the author using qualitative methods to directly go to the field to seek information and conduct interviews with relevant parties. The campaign also wants to help program of the Mayor of Bandung to increase the index of happiness and healthy citizens of Bandung. Approach to adolescents is needed to support the success of the campaign, the media and the content of the campaign must be appropriate so that the message can be easily understood and accepted by teenagers.

Keywords: Bandung. Campaign. Health. Sports. Teens.

 

ABSTRAK

Kesadaran untuk hidup sehat dan mau berolah raga dikalangan remaja kini mulai menurun maka dari itu perlu diadakannya sosialisasi untuk membangun dan mengajak remaja untuk mau hidup sehat dan mau berolah raga. Kurangnya kesadaran untuk hidup sehat ini membuat keresahan yang semakin lama semakin terlihat. Maka dari itu perlu adanya gerakan untuk mengajak anak muda (remaja) agar menyadari pentingnya hidup sehat dan mau meluangkan waktu untuk berolah raga. Informasi yang akurat untuk menunjang penulisan ini sangat diperlukan maka dari itu penulis menggunakan metode kualitatif dengan langsung turun ke lapangan untuk mencari informasi dan melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait. Kampanye ini pula ingin membantu program dari Wali Kota Bandung untuk meningkatkan index of happiness dan menyehatkan warga Kota Bandung. Pendekatan kepada remaja sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan kampanye maka media dan isi dari kampanye haruslah sesuai agar pesan mudah dipahami dan dapat diterima oleh remaja.

Kata Kunci: Bandung. Kampanye. Kesehatan. Olahraga. Remaja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abhrar, Ana Nadya. 2000. “Kampanye Kesehatan”. Dalam http://www.cpps.or.id/documents/S294_Ana%20Nadhya%20Abhrar_Arah%20Kampanye%20Kesehatan_1382944398.pdf

Ardianto, Elvinaro, dkk. 2004, Komunikasi massa. Bandung: Simbiosa Rekatama

Media.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)”, dalam http://kbbi.web.id, diunduh pada Juli, 2015

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Depok: Rajagrafindo

Persada.

Hapsari, Endah. Anak dan Remaja sekarang makin malas. Dalam:

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/12/06/18/m5swdh-survei-anak-dan-remaja-sekarang-makin-malas. Diunduh Juli 2015.

Kuntaraf, Jonathan dan Kathleen Kuntaraf. 1992, Olah Raga Sumber Kesehatan. Bandung: Advent Indonesia.

Kusrianto, Adi. 2009, Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: ANDI.

Narimawati, Umi. Pengertian Data. Dalam: www.elib.unikom.ac.id. Diunduh Juli 2015

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007, Kesehatan Masyarakat Ilmu, Jakarta: Rineka Cipta.

__________. 2010, Promosi Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Rakhmat, Jalaluddin. 1999, Rekayasa Sosial: Reformasi atau Revolusi?, Bandung:

Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Ryza, Faizal. Prinsip seni rupa dan desain. Dalam: www.dumetschool.com. Diunduh

Juli 2015

Setiawan, Eka. Pengertian Desain. Dalam: www.academia.edu. Diunduh Juli 2015.

Sarwono, Jonathan. 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Sumanto. Metode Penelitian Kuantitatif. Dalam: https://www.academia.edu/5319801/Dalam_metode_penelitian_kuantitatif, diunduh pada Juli, 2015.

Suprayogo, Hasto. 2006, Desain vector dan Tracing dengan Illustrator, Jakarta: Elex

Media Komputindo.

Venus, Antar. 2004, Manajemen Kampanye, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Undang-undang No.23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan & Undang-undang No.29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran”, VisiMedia

World Health Organization, “Health Definition”. Dalam: http://www.who.int/about/definition/en/print.html. Diunduh Juli 2015.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI