Perancangan Motion Graphic (Bumper In) dan Video Dokumenter Permainan Tradisional Jawa Barat (Analisis Deskriptif Permainan Tradisional Pada Sanggar Seni Tikukur Majalengka)

Muhammad Algiffari

Sari


ABSTRACT

Traditional games is part of local culture which have a lot of meaning, philosophy, and value inside. Recently traditional games was rarely played by children especially in West Java. There were several reason that cause the traditional games was left by the children such as, the development of modern technology is rapidly increasing, lack of open space for a children to play, and lack of parental supervision over the impact of the technology to their children. The purposes of motion graphic designed (bumper in) and documentary video of “Kaulinan Baheula” become information traditional games of west java there are have a lot of benefit for motoric and psychology. The documentary video of “Kaulinan Baheula” become information about being difficulties to found children who play traditional games.

The design of the thesis uses descriptive analysis approach. Descriptive analysis means the process of taking a conclusion based on a specific cases become specific conclusion. Data collection techniques with interview, observation, literature study, and documentation. Motion graphic designed (bumper in) and documentary video of “Kaulinan Baheula” is expected to provide information about traditional games in West Java, as well as the community can preserve the traditional games by lead our children to play traditional games in the future.

Keywords: Motion Graphic, Bumper In, Documentary Video, Traditional Games

 

ABSTRAK

Permainan tradisional merupakan salah satu budaya lokal yang memiliki banyak makna. filosofi, dan nilai yang terkandung didalamnya. Saat ini permainan tradisional sudah jarang dimainkan dilingkungan anak-anak khususnya di Jawa Barat. Penyebabnya sangat kompleks seperti, peranan teknologi, kurangnya lahan untuk bermain anak, dan sikap para orang tua yang kurang memperhatikan dampak penggunaan teknologi pada anak. Tujuan dari perancangan motion graphic (bumper in) dan video dokumenter “Kaulinan Baheula” dapat menjadi salah satu media informasi mengenai permainan tradisional di Jawa Barat yang memiliki banyak manfaat baik secara motorik juga psikologis. Video dokumenter “Kaulinan Baheula” ini juga memberikan informasi mengenai mulai sulitnya ditemui anak-anak yang memainkan permainan tradisional.

Perancangan tugas akhir ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Deskriptif berarti proses mengambil suatu kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat khusus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Perancnagan motion graphic (bumper in) dan video dokumenter “Kaulinan Baheula” diharapkan memberikan informasi mengenai permainan tradisional di Jawa Barat, serta masyarakat dapat melestarikan permainan tradisional dengan cara mengajak anak-anak untuk memainkannya kembali di masa yang akan datang.

Kata kunci: Motion Graphic, Bumper In, Video Dokumenter, Permainan Tradisional

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alif dan Retno. 2009. Permainan Rakyat Jawa Barat Dalam Dimensi Budaya. Bandung: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

Diana, Ari. 2013. Bumper Animasi Sebagai Opening Video Edukasi Sumber Daya Geologi. Tugas Akhir. Bandung: Universitas Widyatama.

Effendy, Heru. 2008. Mari Membuat Film: Panduan Menjadi Produser. Yogyakarta: Panduan dan Yayasan Konfiden.

Herimanto. 2012. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

J. Barani, Stanley. 2012. Pengantar Komunikasi Massa Melek Media dan Budaya. Jakarta: Erlangga.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.

Lim, Francis. 2008. Filsafat Teknologi. Yogyakarta: Kanisius.

Miarso, Yusufhadi. 2007. Teknologi yang Berwajah Humanis. Jurnal Pendidikan Penabur – No.09/Tahun ke-6. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purwaningsih, Ernawati. 2006. Permainan Tradisional Anak: Salah Satu Khasanah Budaya yang Perlu Dilestarikan. Yogyakarta: Majalah Jantra, Vol. 1 No. 1.

Rahardja, Ferdiani, dan dewi Immaniar Desrianti. 2012. Membuat Movie Effect “Hollywood” Dengan Teknologi CGI (Computer Generated Imagery). Yogyakarta: ANDI.

Ranciu, Jessica Christie., Waluyanto., dan Zacky, Asnar. Perancangan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional dan Penanaman Nilai Etika Dasar. Jurnal. Surabaya: Jurnal Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Universitas Kristen Petra. Yogyakarta: Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Institut Seni Indonesia (ISI).

Rosidi, Ajip. 2011. Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Sunda. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Ruthnia, Firdastin Yudiningrum. Efek Teknologi Elektronik Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

R. Mutiaz, Intan. Cara Wimba dan Tata Ungkap Bumper MTV: Sebuah Kajian Bahasa Rupa Media Rupa Rungu Dinamis. Jurnal Dosen. Bandung: Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sari, Astri Wulan. 2012. Perancangan Buku Tutorial Bergambar Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Tugas Akhir. Bandung: Universitas Komputer (UNIKOM).

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2003. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukarno, Iman Satriaputra., dan Setiawan, Pindi. Perancangan Motion Graphic Ilustratif Mengenai Majapahit Untuk Pemuda-pemudi. Jurnal. Bandung: Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Susanto, Adi. 2013. Perancangan Film Dokumenter Permainan Tradisional Sunda. Tugas Akhir. Bandung: Universitas Komputer (UNIKOM).

Tamzil, Fachmi. Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Komunikasi. Jurnal Dosen Fakultas Ilmu Komputer. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Wardhani, Rahmi Kesuma. Perancangan Video Dokumenter AUTISME. Jurnal. Bandung: Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Wiasan, Rama Dwissa. Perancangan Game Galah Asin Untuk Memperkenalkan Budaya Tradisional Jawa Barat. Jurnal. Bandung: Fakultas Seni Rupa dan Desain – Institut Teknologi Bandung (ITB).

www.komunikasi.us

www.hellomotion.com

www.pariwisata.rejanglebongkab.go.id

http://www.duniapelajar.com

www. regional.kompas.com

www.kumpulan.info






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI