KAMPANYE LANDMARK KOTA BANDUNG MELALUI MEDIA “GLOW IN THE DARK” SEBAGAI MEDIA SARANA PROMOSI WISATA KOTA BANDUNG

Bastian Prasetyo

Sari


ABSTRACT

Bandung city is tourist destinations that are attractive for tourist, touristm destination of Bandung are natural attraction, a culinary, shoping, heritage, and religious touristm. A lot of developing touristm in Bandung city need to make a marker or landmark, with the existence of a landmark area or a city very easy to remember. The purpose of a landmark of Bandung City campaign through the glow in the dark as a means of the promotion of tourist city of Bandung is to become one of media information and communication to the public about the markers in the city of Bandung, as well as inform also about the center of industry as an alternative to other tourist city of Bandung.

The design of the end task use of inductive analysis approach. Inductive means the process of taking a conclusion of things that are specifically being a conclusion that is common. Data collections techniques with interviews, observation, and the study of literature. The result of a landmark campaign of Bandung city through the media glow in the dark as the media touristm promotion of Bandung city is expected to provide information to the general public about markers in the city of Bandung and increase the other touristm are existing in Bandung city.

Keywords: Landmark of Bandung City, Bandung Touristsm

 

ABSTRAK

Kota Bandung adalah destinasi wisata yang cukup menarik bagi para wisatawan, wisata di kota Bandung sangat banyak meliputi: wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja, wisata heritage dan wisata agama. Banyaknya wisata yang berkembang di kota Bandung membutuhkan kota Bandung sebuah penanda atau landmark, dengan adanya landmark daerah atau sebuah kota sangat mudah diingat. Tujuan dari kampanye landmark kota Bandung melalui media glow in the dark sebagai sarana promosi wisata kota Bandung adalah menjadi salah satu media informasi dan komunikasi kepada masyarakat tentang adanya penanda- penanda  yang ada di kota Bandung, serta menginformasikan juga tentang sentra industri menjadi alternatif lain wisata ke kota Bandung

Perancangan tugas akhir ini menggunakan pendekatan analisis induktif. Induktif berarti proses mengambil suatu kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari kampanye landmark kota Bandung melaui media glow in the dark sebagai sarana media promosi wisata kota Bandung ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang penanda- penanda di kota Bandung dan menambah wisata- wisata lain yang ada di kota Bandung.

Kata kunci: Landmark Kota Bandung, Wisata Kota Bandung


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amor Teguh, Patria., 2008., Telusur Bandung, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

A Shimp, Terence., 2003, Periklanan dan Promosi, Jakarta : Erlangga.

A. B. Susanto dan Himawan Wijarnako, 2004, Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Jakarta : Mizan Pustaka.

B. Cahyono , J.B Suharjo., 2008, Gaya Hidup dan Penyakit Modern, Yogyakarta : Kanisius.

G. Dennis, Fitrian., 2008, Bekerja Sebagai Sutradara, Jakarta : Erlangga Grup.

Irawan, Bambang., 2013, Dasar-Dasar Desain, Jakarta : Griya Kreasi.

Ismayanti, 2010, Pengantar Pariwisata, Jakarta : Grasindo.

Kholil, Syukur, 2006, Metodoligi Penelitian Komunikasi, Bandung : Cipta Pustaka Media.

Langkuti, Freddy., 2008, The Power of Brands, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

LeGault, Michael., 2006, Think, Jakarta : TransMedia.

Munir, 2012, Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

M Tohar, 2000, Membuka Usaha Kecil, Yogyakarta : Kanisius.

Rustan, Surianto., 2009, Mendesain Logo, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, H. Djaslim., 2007, Intansi Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran, Bandung : Graha Ilmu.

Saodah dan Narimah., 2006, Teori-Teori Komunikasi, Pahang : PTS Profissional.

Sarwono, Jonathan., 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta : Grarah Ilmu.

Sugiono, 2013, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabetha.

Suprapto, Tommy., 2009, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, Bandung : Media Pressindo.

Akbar Aji Pawitan. 2014 Definisi dan Jenis-Jenis Kampanye dalam Pemilihan Umum. Karya Ilmiah. Tanggerang: Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

David Cahyadi. 2011. Promosi Lifestyle Mods Kepada Masyarakat di Kota Bandung Melalui Komunitas The Syndicates. Tugas Akhir. Bandung: Universitas Kristen Maranata.

Cahyo Hartono. Perancangan Sign System Objek Wisata Gunung Takuban Perahu. Tugas Akhir. Bandung: Universitas Komputer (UNIKOM).

I Wayan Tagel Sidarta. Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Lingkungan, Sosial dan Ekonomi Masyarakat. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ruli Rolanda. Promosi Sentra Industri Tahu Cibuntu. Tugas Akhir. Bandung: Universitas Komputer (UNIKOM).

www.ekonomi.kompasiana.com

www.sentraindustribandung.com

www.pikiran-rakyat.com

www.bahasa.kompasiana.com

www. imagri.com

www.marketing.about.com

www.workz.com

www.dgi.indonesia.com

www.travel.detik.com

www.bandunglokalbisnis.com

www.indoglowdark.com






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI