Filosofi Nilai-Nilai Budaya Sunda Grup Ma’soem

Agustin Rozalena, Ferdinandus Ngare

Sari


ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana filosofi budaya Sunda menjadi sumber kekuatan bagi budaya organisasi di Mas'oem Group. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Data lapangan yang diperoleh dari sumber dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi non partisipasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa filosofi ke arah pendiri organisasi Sunda menghasilkan pewarisan budaya organisasi. Penelitian ini memiliki signifikansi strategis untuk pelaksanaan bidang studi komunikasi organisasi, mengingat implikasi dari nilai-nilai dan filosofi dalam Grup Ma'soem akan berdampak jangka panjang dan menjadi salah satu komponen dalam keberhasilan suatu organisasi. Bahkan hasil penelitian budaya organisasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagaimana organisasi dapat mewakili kekuatan dan kemajuan perusahaan dalam persaingan bisnis yang berkembang pesat.

Kata Kunci: Filosofi, Budaya, Budaya Sunda.

ABSTRACT
This paper aims to find out how the philosophy of Sundanese culture becomes a source of strength for the organization's culture in Mas'oem Group. This research method is qualitative with case study design. The field data obtained from sources with data collection techniques used were interviews, observation of non-participation and document analysis. The results showed that some philosophy into the direction of the organization's founder Sunda resulting organizational cultural inheritance. This research has a strategic significance for the implementation of the field of organizational communication studies, considering the implications of the values and philosophy in the Group Ma'soem will impact the long term and be one component in the success of an organization. Even this organizational culture research results are expected to be an inspiration of how any organization can represent the strength and progress of the company in the rapidly growing business competition

Keywords: Philosophy, Culture, Sundanese Culture.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, Burhan. 2006. Metolologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Devito, Joseph.A. 20002. Komunikasi Antar Manusia. Profesional Books: Jakarta.

Miles, Mathew B,.& Huberman. 1992. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. UI Press: jakarata.

Miller, Katherine. 2003. Organizational Communication: Approaches and Processes. Third Edition. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.

Muhamad, Arni. 2008. Komunikasi Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ndraha, Taliziduhu. 1997. Budaya Organisasi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Neuman, W. Lawrence. 1997. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach. Aliyn and Bacon: Boston.

Pace, R. Wayne dan Faules, Don F. 2000. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Terjemahan Deddy Mulyana, Engkus Kuswarno dan Gembirasari. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A. (2008), Perilaku Organisasi, Buku 2. Jakarta. Salemba Empat

Sumarsono, Tatang. 2006. Biografi H. Ma’soem. Sosok Wirausaha Muslim. Bandung. Yayasan Pendidikan Al Ma’soem.

Thoha, Miftah. 1999. Perilaku Organisasi. Jakarta. Rajawali Press.

Tika, Pabundu. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta. Bumi Aksara.

Yin, Robert. K. 2002. Studi kasus Desain & Metode. RajaGrafindo Persada: Jakarta.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI