Perancangan Corporate Identity Arstudio Di Bandung

Taufik Raharjo

Sari


ABSTRAK
Identitas ialah suatu ciri yang membedakan karakter atau sifat bawaan dari makhluk hidup, benda, atau manusia itu sendiri yang menjadi ciri khasnya. Corporate identity merupakan tanda pengenal suatu identitas dari sebuah perusahaan sebagai pembeda dari perusahaan lainnya. Perancangan corporate identity dapat dikatakan berhasil saat corporate identity tersebut mampu mewakili sebuah perusahaan tersebut, dalam penyampaian berupa logo, aplikasi pada stationery, merchandise, dan pada media promosi. Arstudio merupakan studio yang bergerak di dalam bidang desain, konsultan dan kontraktor Arsitektur di Bandung. Studio yang berdiri pada tahun 2010 dengan nama Zoom Studio. Selama 5 tahun belakang perusahaan ini berganti nama menjadi Arstudio. Terdapat kekurangan dalam perubahan nama perusahaan yaitu identitas baru. Belum adanya Identitas baru tentunya menghambat pemasaran serta promosi dalam penjualan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis membuat perancangan corporate identity Arstudio di Bandung. Perancangan meliputi logo dan pengaplikasian pada berbagai media seperti media promosi, stationery, merchandise, dan sebagainya. Tujuan perancangan ini adalah untuk mengenalkan identitas perusahaan Arstudio kepada masyarakat dan meningkatkan pemasaran serta pengembangannya.

Kata Kunci : Identitas, Corporate Identity, Arsitektur, Arstudio.


ABSTRACT
Identity is a feature that distinguishes the character or nature of the living things, objects, or humans themselves that characterize it .Corporate identity is identifier of company as a differentiator from another companies. The design of corporate identity can be said successful when the corporate identity is able to represent a company, in the delivery of logos, applications on stationery, merchandise, and on the media campaign. Arstudio is atelier in design, consultant, and architecture contractor in Bandung. Its began in 2010 by the name of Zoom Studio. For 5 years behind the company was renamed Arstudio. There is a lack of change in the name of the company that is a new identity . The absence of new Identity certainly hamper marketing and promotion in sales. To overcome these problems the authors make the design of corporate identity Arstudio in Bandung. This design includes logo and application in various media like promotional media, stationery, merchandise, and so on. The purpose of this design is to introduce the company's identity to the public Arstudio and improve marketing and development.

Keywords: Identity, Corporate Identity, Architecture, Arstudio.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Keller, Kotler. (2007). Manajemen Pemasaran edisi 12. Indonesia : PT.MACANAN JAYA CEMERLANG.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Penerbit Andi

Napoles, Veronica. (1988). Corporate Identity Design. New York : Van Nostrand Reinhold.

Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Cenandi, Christine Suharto. (1999). Corporate Identity sejarah dan aplikasinya. Makalah – Jurusan Desain Komunikasi Visual. Universitas Kristen Petra. Jakarta http://ced.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/16043/16035 di Unduh pada Tanggal 21 Juni 2017.

Kumalasari Puti. (2013). Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Brand Equity dan Dampaknya Pada Minat Beli Konsumen. Diambil dari http://eprints.undip.ac.id/39645/ (22 Juni 2017).

Saputri, Marheni Eka. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smart phone Iphone diambil dari http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1148/754 (22 Juni 2017).






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI