Rancangan Corpotate PT. Poin Industria

Fajri Bani Fauzan, Agus Triyadi

Sari


ABSTRAK
Perusahaan membutuhkan suatu identitas untuk membedakannya dengan perusahaan lain yang serupa. Bukan hanya sekedar identitas nama perushaan saja, namun juga membuat perusahaan tersebut memiliki citra dan memiliki daya memorable tinggi di mata masyarakat dan klien, seperti tampilan visual yang meliputi logo dan corporate identity, dalam hal ini sebuah perusahaan PT. Poin Industria sebagai perushaan kontraktor eletrical masih belum memiliki identitas yang jelas, sehingga mereka cukup sulit. Metode pengumpulan data yang akan digunakan dalam perancangan ini adalah Observasi Mengamati setiap kegiatan, pemasaran, konsumen, dan desain yang telah dibuat oleh perusahan PT. Poin Industria. Mewawancarai direktur perusahan PT. Poin Industria seputar perusahaan, budaya perusahaan, dan karakteristik perusahaan. Oleh karena itu diperlukanlah perancangan corporate identity untuk memperkuat nama PT.Poin Industria. Direktur PT. Poin memberikan penjelasan biru toska merupakan karakter perusahaan tersebut. Ikonik petir dan Simbol segienam menjadi bentuk dasar yang sesuai dengan karakter perusahaan. perancangan corporate identity yaitu dengan merubah logo lama dengan logo baru dan merancang aplikasi logo baru ini kepada segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan, seperti stationery, merchandise, dan media promosi lainnya.

Kata Kunci: Corporate Identity, Logo, industri, eletrical.

ABSTRACT
The company needs an identity to distinguish it from other similar companies. Not just the identity of the company's name, but also makes the company has an image and has a high memorable power in the eyes of the community and clients, such as the visual display that includes the logo and corporate identity, in this case a company PT. Industrial points as eletrical contractors still do not have a clear identity, so they are quite difficult. Data collection methods that will be used in this design is Observation Observing every activity, marketing, consumer, and design that has been made by PT. Points of Industry. Interviewing the director of the company PT. Industrial points around companies, corporate culture, and company characteristics. Therefore it is necessary to design a corporate identity to strengthen the name PT.Poin Industria. Director of PT. The points give a blue explanation of toska is the character of the company. The lightning icon and the hexagon symbols become the basic shape that matches the character of the company. corporate identity design is by changing old logo with new logo and designing this new logo application to everything related to company, like stationery, merchandise, and other promotion media.

Keywords: Corporate identity, Logo, industry, eletrical

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adams, Sean. Noreen Morioka. 2004. Logo Design Workbook: A Hands-On Guide to Creating Logos. Massachusetts: Rockport Publishers, Inc.

Anggraini, Lia dan Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendakia

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Landa, Robin. (2006). Designing Brand Experience : Creating Powerful Integrated Brand Solutions.United States of America : Thomson.

Purwadipura, Steven, Bedjo Riyanto dan Elisabeth Christine Yuwono. ‎2013. Perancangan Visual Brand Identity Kafe Milk Story. Surakarta : Jurnal. Diambil dari http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/689/598 ( 8 Juni 2017)

Sari, Sella Kurnia. ‎2014. Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Konsumen :Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston Karimun City hotel. Surabaya: Jurnal. Diambil dari http://repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/6143/JURNAL%20SELLA.pdf ( 1 Juni 2017)






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI